Konsumsi BBM di Jatim diprediksi naik 6 persen saat libur Nataru

Rabu, 19 Desember 2018 | 22:54 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara memperkirakan adanya kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Di Jawa Timur, kenaikan BBM jenis gasoline diperkirakan mencapai 6 persen.

“Ada kenaikan sebesar 6 persen saat libur nataru. Oleh karena itu, kami melakukan penambahan pasokan sesuai kebutuhan. Kenaikan ini terjadi di sejumlah daerah wisata seperti Malang, Batu dan Banyuwangi,” ujar General Manager PT Pertamina MOR V, Ibnu Chouldum di kantor Pertamina MOR V jalan Jagir Surabaya, Rabu (19/12/2018).

Ia menjelaskan, konsumsi normal harian BBM jenis premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo, solar, dexlite serta Pertamina dex di wilayah Jatim berada pada kisaran volume 20.290 kilo liter per hari. Sementara menjelang peringatan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi sebesar 6 persen untuk produk gasoline seperti premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo.

Sementara produk gasoil seperti solar, dexlite serta Pertamina dex justru diprediksi mengalami penurunan konsumsi. Jika pada hari normal konsumsi solar di Jatim mencapai 6.590 kilo liter per hari, maka pada saat libur nataru konsumsi solar hanya sekitar 6.210 kilo liter per hari atau turun sebesar 6 persen. “Puncak konsumsi BBM diprediksi akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2018,” tegasnya.

Agar suplai BBM aman dan tidak terkendala, selain penambahan stok BBM, Pertamina juga sudah merumuskan  beberapa langkah strategis dalam rangka penyaluran yang optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada BBM pada saat Natal dan Tahun Baru. 

Salah satunya dengan membentuk satgas Nataru guna mendukung kelancaran penyaluran selama momen hari raya tersebut. Satgas Pertamina tersebut bertugas sejak tanggal 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019. 

Tim Satgas ini akan berperan khusus dalam memantau dan mengkoordinasikan penyaluran BBM  mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan, sehingga ketersediaan BBM  di masyarakat dapat terus terpenuhi.

“ Untuk memberi kenyamanan pada pengguna jalan tol Pertamina juga akan menyiapkan 7 kios-K BBK di sepanjang tol Sepanjang Surabaya hingga Ngawi,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: