Jika pandemi Covid--19 terus meluas, pengangguran di RI diprediksi melonjak jadi 5,23 juta orang

Kamis, 4 Juni 2020 | 10:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Ketenagakerjaan mencatat hingga 2 Juni 2020 ada sebanyak 3,05 juta orang pekerja Indonesia terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Jika pandemi ini terus meluas, jumlah pengangguran di RI diprediksi bertambah menjadi 5,23 juta jiwa.

"Data detail Kemenaker melaporkan tenaga kerja terdampak Covid-19 sekitar 3,05 juta orang per 2 Juni dan memperkirakan tambahan pengangguran bisa mencapai 5,23 juta," ujar Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono dalam diskusi online, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Susi melanjutkan, melonjaknya pengangguran dan pemutusan hubungan kerja (PHK) juga terlihat dari jumlah minat masyarakat yang mengikuti program kartu prakerja. Di mana, dalam tiga minggu program senilai triliunan tersebut diikuti oleh sekitar 10,9 juta pendaftar.

"Ini angka yang sangat besar sekali kita harus antisipasi sama-sama. Indikasinya yang mendaftar prakerja terdampak dalam 3 minggu saja yang merdaftar sudah 10,9 juta. Jadi memang luar biasa ini dampaknya terhadap tenaga kerja kita," jelasnya.

Dia menambahkan, penyebaran virus Corona juga akan menimbulkan peningkatan kemiskinan dan pengangguran yang cukup besar. Bahkan dalam skenario terberat yang sudah dikaji oleh pemerintah, kemiskinan bisa melonjak hingga 5 juta jiwa.

"Akibatnya angka kemiskinan dan pengangguran akan meningkat tajam sekali. Bahkan skenario sangat berat tambahan kemiskinan bisa hampir 5 juta dan pengangguran bisa 5,2 juta. Saya kira ini kondisi yang harus kita antisipasi sama sama di masa pandemi," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: