Taman Safari Prigen bakal buka lagi sambut new normal, ini persiapannya

Senin, 8 Juni 2020 | 10:30 WIB ET

PASURUAN, kabarbisnis.com: Sejak adanya pandemi Covid-19 di Tanah AIr, Taman Safari Prigen di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, ditutup sementara untuk mencegah penyebaran wabah tersebut. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ditutup, bersama ratusan objek wisata lainnya.

Seiring dengan kebijakan pemerintah provinsi Jawa Timur yang akan mengakhiri masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah Jawa Timur.

Dan menjelang diberlakukannya era kenormalan baru lembaga konservasi Taman Safari Prigen melakukan berbagai persiapan, terutama terkait penerapan protokol kesehatan. Menurut GM Taman Safari Prigen, Dias Yonadie, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, "Terutama penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung dan staf," ujarnya akhir pekan lalu.

Dia menyebutkan, setiap pengunjung diharuskan memasuki bilik disinfektan yang sebelum memasuki area loket. Tempat mencuci tangan dan hand sanitizer akan disediakan di berbagai sudut, untuk memudahkan para pengunjung menjangkaunya.

"Staf yang berhubungan langsung dengan pengunjung, juga menggunakan shield face," ujar Dias. Para staf mengenakan baju Alat Pelindung DIri (APD), agar terlindungi dari virus. 

Menurut Dias, Taman Safari Prigen untuk tahap awal hanya mengoperasikan Safari Adventure, yakni atraksi wisata dengan berkeliling area taman safari, untuk menyaksikan koleksi binatang. Rutenya sudah ditentukan oleh pihak Taman Safari Prigen. Bus-bus yang digunakan, kursinya diberi tanda untuk pembatasan jarak antar penumpang.

Untuk sementara, kunjungan wisatawan dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas maksimum, yang mencapai 6.000 orang per hari. Menurut Dias, selama Taman Safari Prigen ditutup sejak Maret lalu, pihaknya terus menjaga kesehatan dan ketercukupan pangan satwa koleksi mereka.

Pengelola lembaga konservasi pun membuka donasi bagi masyarakat dan pecinta satwa, agar keberlangsungan hidup satwa tidak terganggu selama pandemi Covid-19. Untuk memantau donasi, bisa dilihat pada akun resmi balai konservasi. 

Taman Safari Prigen selain menawarkan wisata konservasi satwa, juga memiliki fasilitas Baobab Safari Resort, dengan 148 kamar berfasilitas  hotel bintang empat. Pengunjung bisa menyaksikan kawanan binatang liar yang berkeliaran di sekitar resor. Selain itu terdapat Jungle Camp, penginapan berkonsep rumah di tengah hutan. Jungle Camp terdiri dari lima unit rumah, yang bisa disewa untuk pengunjung.

Sementara untuk kegiatan korporat, Taman Safari Prigen menyediakan ruang pertemuan berkapasitas 300 orang di Kilima Ballroom. Dan berberapa ruang pertemuan berkapasitas 40 orang. Sementara restorannya, menawarkan hidangan nusantara dengan pemandangan suasana Afrika. kbc10

Bagikan artikel ini: