Diawali dari sirkuit Jerez Spanyol, balapan MotoGP 2020 mulai digelar bulan depan

Senin, 8 Juni 2020 | 19:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Balapan MotoGP 2020 dikabarkan bakal digeber kembali pada Juli 2020 dengan potensi 15 seri pada musim ini. Jadwal MotoGP 2020 masih belum diketahui. Pasalnya Dorna Sports selaku penyelenggara kejuaraan belum mengumumkan rangkaian seri balap musim ini.

Menyusun ulang jadwal MotoGP 2020 memang bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, MotoGP harus menyesuaikan diri dengan berbagai pembatasan yang diberlakukan di tiap negara tuan rumah pasca-pandemi virus corona.

CEO Dorna, Carmelo Ezepelta, baru berencana meluncurkan jadwal MotoGP 2020 untuk seri-seri balap di Benua Eropa saja. "Kami berharap bisa mengumumkan jadwal baru pada pekan depan," kata Ezpeleta pada awal Juni lalu, seperti dilansir dari Crash.

"Awal kejuaraan, jika semuanya berjalan lancar, pada 19 Juli di Jerez. Balapan terakhir dalam jadwal ini akan berlangsung pada awal November dengan 12 atau 13 seri," imbuhnya.

Adapun kepastian soal seri balap di luar Eropa: Thailand, Malaysia, Argentina, dan Americas, baru akan diketahui paling lambat pada akhir Juli. Dikutip BolaSport.com dari Speedweek, jadwal MotoGP 2020 tidak akan diumumkan sebelum pertengahan Juni karena sejauh ini baru lokasi balapan saja yang diketahui.

Setelah dua balapan pembuka di Sirkuit Jerez (Spanyol) pada 19 dan 26 Juli, kompetisi MotoGP 2020 dilanjutkan di Sirkuit Brno (Rep.Ceska) dan Red Bull Ring (Austria). Red Bull Ring akan menggelar dua balapan pada 16 dan 23 Agustus. Sementara balapan Brno direncanakan berlangsung pada 9 Agustus kendati masih bisa berubah.

Kemudian bulan September akan membuat balapan di Sirkuit Misano (Italia) dan Sirkuit Aragon (Spanyol). Namun, tanggal pasti masih belum diketahui. Balapan pertama di Misano dijadwalkan pada 6 September. Namun potensi bentrok dengan F1 GP Italia membuat balapan kandang Valentino Rossi itu diundur satu pekan.

Adapun sirkuit lainnya yang akan menjadi tuan rumah MotoGP adalah Sirkuit Catalunya, Sirkuit Valencia (Spanyol), dan Sirkuit Le Mans (Prancis). Jika beruntung, MotoGP 2020 akan diperpanjang hingga awal Desember dengan balapan di Sirkuit Buriram (Thailand) dan Sirkuit Sepan (Malaysia).

Perlu diingat bahwa balapan di negara tetangga Indonesia itu hanya bisa dilangsungkan apabila penonton diperbolehkan datang. Pemasukan tiket sangat krusial bagi promotor balapan di luar kawasan Eropa karena perjalanan yang lebih jauh membuat biaya yang disetorkan lebih mahal.

Berikut prediksi jadwal MotoGP 2020:

19 Juli - Sirkuit Jerez, Spanyol

26 Juli - Sirkuit Jerez, Spanyol

9 Agustus - Sirkuit Brno, Rep. Ceska

16 Agustus - Red Bull Ring, Austria

23 Agustus - Red Bull Ring, Austria

6 September - Sirkuit Misano, Italia

13 September - Sirkuit Misano, Italia

27 September - Sirkuit Aragon, Spanyol

4 Oktober - Sirkuit Aragon, Spanyol

11 Oktober - Sirkuit Le Mans, Prancis (belum pasti)

25 Oktober - Sirkuit Catalunya, Spanyol

8 November - Sirkuit Valencia, Spanyol

15 November - Sirkuit Valencia, Spanyol

29 November - Sirkuit Buriram, Thailand (belum pasti)

6 Desember - Sirkuit Sepang, Malaysia (belum pasti)

(Jadwal di atas masih bisa berubah)

kbc10

Bagikan artikel ini: