Bukit Asam sebar dividen Rp3,65 triliun

Kamis, 11 Juni 2020 | 09:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 3,65 triliun atau 90 persen dari total laba bersih perseroan sebesar Rp 4,1 triliun.

Keputusan itu disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2019 yang digelar perseroan pada Rabu (10/6/2020).

Bukit Asam juga tercatat mampu meraih laba dengan EBITDA sebesr Rp 6,4 triliun juga kenaikan pendapatan sebesar 3 persen menjadi Rp 21,8 triliun,

"Pendapatan ini terdiri dari pendapatan penjualan batu bara domestik sebesar 57 persen, penjualan batu bara ekspor sebesar 41 persen, dan aktivitas lainnya sebesar 2 persen yang meliputi penjualan listrik, briket, minyak sawit mentah dan inti sawit, jasa kesehatan rumah sakit dan jasa sewa," demikian dikutip dari keterangan resmi, Rabu (10/6/2020).

Pencapaian laba dan pendapatan Bukit Asam  ini didukung oleh kinerja operasional perusahaan yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, produksi batu bara perseroan mengalami kenaikan 10,2 persen dari tahun sebelumya atau naik menjadi 29,1 juta ton.

"Kapasitas angkutan batu bara juga mengalami kenaikan menjadi 24,2 juta ton atau naik 7,0 persen dari tahun 2018," demikian tertulis dalam keterangan.

Adapun, kenaikan produksi dan angkutan batu bara ini mendorong kenaikan penjualan batu bara. Sepanjang 2019, Perseroan berhasil menjual batu bara sebesar 27,8 juta ton atau naik 13 persen dari tahun sebelumya.

Kenaikan volume penjualan ini juga disebabkan karena adanya ekspansi ke pasar-pasar potensial seperti Jepang, Hong Kong, Vietnam, Taiwan, dan Filipina serta keberhasilan dalam menambah pasar-pasar potensial baru seperti Australia, Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

"Tak hanya mendorong penjualan ekspor ke negara-negara Asia, Perseroan juga menerapkan penjualan ekspor batu bara medium to high calorie ke premium market," demikian tertulis dalam keterangan. kbc10

Bagikan artikel ini: