Penjualan naik saat pandemi, ini kunci Realme Indonesia

Senin, 15 Juni 2020 | 07:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di tengah panxemi virus corona (Covid-19), Realme Indonesia masih mencatatkan kinerja penjualan yang kokoh. Data penjualan perusahaan mencatat terdapat pertumbuhan penjualan sebesar 200% pada beberapa bulan terakhir dibanding periode sama tahun lalu.

Capaian ini tidak didapat secara mudah. Apalagi kondisi pasar juga terbilang cukup menantang.

Mengutip data survey pasar, Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi menyebutkan bahwa penjualan smartphone secara umum dari seluruh pasar mengalami penurunan di tengah merebaknya pagebluk corona (covid-19) di Indonesia.

Katalis negatif terutama datang dari banyaknya toko yang terpaksa harus ditutup sementara.

Di sisi lain, ketersediaan material mentah juga sempat sulit diperoleh di masa pandemi. Untungnya, Realme Indonesia menyusun strategi guna menyiasati tantangan-tantangan ini.

Untuk menjaga kelangsungan produksi, Realme Indonesia menyewa pesawat untuk memindahkan material mentah dari kantor pusat Realme ke Indonesia. Dengan demikian, kegiatan produksi semua produk-produk Realme di pabrik perusahaan yang berlokasi di Tangerang dapat berjalan lancar.

Sementara untuk menjaga penjualan, Realme berstrategi menggenjot penjualan secara digital guna menyiasati penjualan offline yang lesu. Belum lama ini, Realme Indonesia baru saja membuka saluran penjualan melalui Whatsapp.

Melalui saluran tersebut, pembeli dapat berbelanja produk-produk Realme Indonesia tanpa perlu ke luar rumah untuk mengunjungi toko fisik. Petugas frontliner akan membantu pembeli menemukan gawai yang sesuai dengan kebutuhan konsumen serta mengirimkannya ke rumah pembeli.

Tak selang berapa lama setelah diluncurkan, penjualan produk Realme Indonesia melalui saluran penjualan Whatsapp sudah mencapai ratusan di bulan Mei. Tidak hanya itu, Realme Indonesia juga memperluas jangkauan penjualan digitalnya dengan membuka toko resmi di JD.ID.

Upaya untuk menjaga penjualan di kanal-kanal e-commerce eksisting juga terus dilakukan. Hasilnya, beberapa produk baru seperti realme 6 dan 6 Pro, realme Band, realme Buds Air mencatatkan kinerja yang sangat baik di e-commerce. lbc10

Bagikan artikel ini: