Ada 38 aplikasi jahat di Play Store, buruan bersihkan dari ponsel Anda

Kamis, 18 Juni 2020 | 15:17 WIB ET

MOUNTAIN VIEW, kabarbisnis.com: Google baru-baru ini mengumumkan telah menghapus puluhan aplikasi Android berbahaya dari Google Play Store, setelah menerima laporan pengembangnya telah menyalahgunakan kebijakan privasi. 

Organisasi manajemen toko aplikasi semacam Google dan Apple memang memiliki langkah-langkah kontrol kualitas aplikasi yang ketat. Tetapi penerbit memiliki banyak cara untuk memotong sensor keamanan kedua raksasa teknologi tersebut.

Secara khusus, menurut laporan Giz China, setidaknya 38 aplikasi telah diidentifikasi oleh Google memiliki perilaku buruk belakangan ini. Aplikasi-aplikasi ini sering menyerang perangkat pengguna dengan iklan yang tidak relevan. 

Perlu disebutkan semua aplikasi tersebut berasal dari satu tim pengembangan. Grup ini telah melewati lapisan sensor Google dengan menonaktifkan fitur iklan berbahaya dalam kode sumber.

Aplikasi jahat telah terdeteksi oleh perusahaan keamanan, White Ops. Setelah menemukan masalah, perusahaan melaporkannya ke Google dan menyarankan aplikasi untuk dihapus. 

Sebagian besar aplikasi jahat kali ini terkait dengan aplikasi kecantikan, selfie, atau filter gambar. Setelah diinstal, aplikasi akan membombardir pengguna dengan iklan berlebihan, terus-menerus membuka browser dan mengarahkan ulang ke situs web tertentu. Bahkan mencegah pengguna mencopot pemasangan aplikasi dengan menyembunyikan ikon aplikasi di layar.

Terlepas dari respons penghapusan cepat Google, White Ops mengatakan, ada 17 aplikasi dengan total lebih dari setengah juta unduhan. Mayoritas aplikasi berbahaya ialah versi baru dari aplikasi yang sebelumnya tersedia di Play Store tetapi dihapus. 

Aplikasi-aplikasi ini menipu Google dengan membersihkan aplikasi agar dapat diterima kembali, tapi kemudian mengirim kode kotor lagi melalui paket pembaruan. Semua aplikasi yang disebutkan oleh White Ops kini telah dihapus. 

Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk memeriksa daftar di bawah ini. Dan kalau memang ada yang terunduh, ada baiknya untuk segera menghapusnya.

Berikut daftar aplikasi berbahaya:

- Yoroko Camera

- Solu Camera

- Lite Beauty Camera

- Beauty Collage Lite

- Beauty & Filters Camera

- Photo Collage & Beauty Camera

- Beauty Camera Selfie Filter

- Gaty Beauty Camera

- Pand Selife Beauty Camera

- Catoon Photo Editor & Selfie Beauty Camera

- Benbu Selife Beauty Camera

- Pinut Selife Beauty Camera & Photo Editor

- Mood Photo Editor & Selife Beauty Camera

- Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera

- Selife Beauty Camera & Photo Editor

- Fog Selife Beauty Camera

- First Selife Beauty Camera & Photo Editor

- Vanu Selife Beauty Camera

- Sun Pro Beauty Camera

- Funny Sweet Beauty Camera

- Little Bee Beauty Camera

- Beauty Camera & Photo Editor Pro

- Grass Beauty Camera

- Ele Beauty Camera

- Flower Beauty Camera

- Best Selfie Beauty Camera

- Orange Camera

- Sunny Beauty Camera

- Landy Selfie Beauty Camera

- Nut Selfie Camera

- Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera

- Art Beauty Camera-2019

- Elegant Beauty Cam-2019

- Selfie Beauty Camera & Funny Filters

- Selfie Beauty Camera Pro

- Pro Selfie Beauty Camera.

kbc10

Bagikan artikel ini: