Genjot konsumsi nasional, Kemendag siapkan insentif ke sektor ritel

Jum'at, 19 Juni 2020 | 10:27 WIB ET
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana memberikan insentif kepada sektor ritel, guna menggenjot kembali konsumsi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

"Terkait insentif bagi bisnis ritel di masa pandemi, kami sudah mengusulkan. Kita sedang berbicara dengan sejumlah kementerian serta lembaga terkait," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam webinar yang digelar Kamis (18/6/2020).

Dikatakannya, Kemendag siap dan ingin melakukan berbagai langkah demi membantu pelaku usaha. Sebab kondisi sekarang ini di luar normal.

Dirinya menyebutkan, selama enam bulan ke depan terdapat beberapa insentif. "Terkait perpajakan, program penundaan pembiayaan kredit, dan juga nanti ada beberapa hal yang berkaitan dengan insentif lainnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa direalisasikan," ujarnya. 

Agus menyebutkan, kontribusi sektor ritel terhadap perekonomian sangat penting, terutama pada sisi konsumsi. Seperti diketahui, konsumsi atau daya beli nasional berkontribusi sekitar 50 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) selama lima tahun terakhir.

Sayangnya, kini konsumsi masyarakat tertekan. Mendag Agus menyebutkan, konsumsi mengalami penurunan sekitar 30 persen. 

"Jadi kita berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya. Tujuannya supaya bisa membuat relaksasi aturan dan regulasi yang memudahkan para pelaku usaha," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: