Gantikan Soekarwo, Rudiantara jabat Komut Semen Indonesia

Jum'at, 19 Juni 2020 | 23:33 WIB ET
Rudiantara
Rudiantara

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didapuk menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero)  Tbk atau SIG.Pengangkatan Rudiantara tersebut diputuskan dalam dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2019 yang digelar di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Rudiantara akan mengisi kursi yang sebelumnya diduduki oleh beka Gubernur Jawa Timur Soekarwo alias Pakde Karwo. RUPST menerima pengunduran diri Pakde Karwo yang telah diajukan beberapa bulan lalu.

Sepanjang riwayat kariernya, Rudiantara hampir belum pernah bersentuhan dengan dunia semen. Sebelum menjadi Menteri pada rezim Joko Widodo jilid 1, dia lebih lama menghabiskan kariernya di Indosat, Telkomsel, Excelcomindo, dan Telkom. Di luar itu, dia juga pernah bekerja di PT PLN sebagai Direktur Keuangan dan Wakil Direktur Utama.

Di luar pergantian Komisaris Utama, tidak ada perubahan lain pada posisi Direksi dan Komisaris Perseroan. Nama Hendi Prio masih dipercaya Erick menjadi Direktur Utama emiten berkode saham SMGR tersebut.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir mengatakan pergantian posisi komisaris utama menjadi salah satu agenda dalam RUPST 2020."Rapat juga menyetujui pengunduran diri bapak Soekarwo sebagai komisaris utama. Selanjutnya, rapat mengangkat bapak Rudiantara sebagai komisaris utama," ujar Adi usai RUPST .

Adi menyampaikan RUPST juga menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk (laba bersih) tahun 2019 sebesar Rp 2,39 triliun yang diperuntukkan dividen sebesar 10% atau Rp 239,22 miliar dan sisanya sebesar 90% atau Rp 2,15 triliun ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Adi mengatakan RUPST juga menyetujui lporan tahunan Perseroan Tahun Buku 2019, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Tahun Buku 2019, dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

Selain itu, kata Adi, juga menyetujui laporan tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2019, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan program kemitraan dan bina lingkungan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

Berdasarkan keputusan RUPST hari ini, berikut nama lengkap direksi dan Komisaris PT Semen Indonesia (Perseo) Tbk:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Rudiantara

Komisaris: Lydia Silvanna Djaman

Komisaris Independen: Nasaruddin Umar

Komisaris Independen: Mochamad Choliq

Komisaris: Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Hendrika Nora O. Sinaga

Komisaris: Sony Subrata

Dewan Direksi

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso

Direktur Produksi: Benny Wendry

Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha: Fadjar Judisiawan

Direktur Keuangan: Doddy Sulasmono D

Direktur Pemasaran dan Supply Chain: Adi Munandir

Direktur Engineering dan Project: Tri Abdisatrijo

Direktur SDM dan Hukum: Gina T Kemala Intan.

kbc11

Bagikan artikel ini: