Sukses tangani Covid-19, daerah bakal dapat insentif

Selasa, 23 Juni 2020 | 11:03 WIB ET
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah menjanjikan hadiah berupa dana insentif bagi setiap daerah yang sukses menangani Covid-19.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, insentif yang dijanjikan itu berupa anggaran yang tak disebutkan berapa besaran nominalnya. 

" Ini nanti akan ada hadiah atau stimulan anggaran,” ujarnya, Senin (22/6/2020)..

Jika daerah berhasil, hadiah berupa stimulus itu menurutnya akan diberikan pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri.

Satu daerah yang dianggapnya telah berhasil menangani Covid-19 dan akan menerima hadiah itu adalah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Secara simbolis, Arinal akan diundang langsung oleh Mendagri ke Jakarta atas kerja kerasnya yang sukses menangani Covid-19.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengakui wacana pemerintah tersebut sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil melandaikan kurva Covid-19.

"Kami diskusi tadi dengan kepala Gugus Tugas, Menteri Kesehatan, dan Kementerian Keuangan, kami mungkin akan membuat lomba lain, yaitu lomba pemerintah daerah untuk bisa melandaikan kurva, artinya menekan penyebaran Covid-19," ujar Tito.

Dalam lomba ini, pemerintah pusat akan mengukur daerah mana yang tercepat menurunkan kurva dalam satu atau dua bulan terakhir.

Pemerintah daerah bisa melibatkan ahli kesehatan, termasuk ahli epidemiologi di daerah masing-masing sehingga daerah yang tadinya berstatus zona merah Covid-19 bisa menjadi kuning dan seterusnya. "Nantinya akan ada sejumlah kriteria yang dinilai," kata Tito.

Pemenang lomba nantinya akan mendapat hadiah berupa dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan. Ihwal teknis lomba, kata Tito, masih dirumuskan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenkes, dan Kemenkeu.

Sebelumnya, Kemendagri juga telah menggelar lomba inovasi tatanan normal baru. Anggaran Rp168 miliar digelontorkan sebagai hadiah bagi 84  pemenang untuk 7 sektor dan 4 klaster. kbc10

Bagikan artikel ini: