Disiapkan, insentif mulai Rp100 juta bagi UMKM Parekraf terdampak pandemi

Selasa, 23 Juni 2020 | 17:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terus berupaya memulihkan sektor pariwisata yang terpukul akibat pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang ditempuh adalah membuka akses bantuan permodalan bagi UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Asisten Deputi Akses Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Suparman mengatakan ada sejumlah akses permodalan yang dapat dijangkau UMKM sektor Parekraf. Dua di antaranya yakni dana Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dana Program Kemitraan Pertamina.

Menurut Suparman, dana BIP merupakan program bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk penambahan modal kerja atau investasi dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dan produksi pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata.Program BIP dimulai sejak tahun 2017 diberikan kepada 34 penerima, 19 di antaranya berasal dari sektor kuliner dan 15 sektor aplikasi digital.

Penerima BIP tahun 2018 meningkat, yaitu diberikan kepada 52 sektor penerima yang terdiri dari 14 sektor kuliner dan 12 sektor aplikasi digital dan pengembangan game (AGD), 13 sektor fesyen, 13 sektor kriya.Sementara di tahun 2019 diberikan kepada 62 penerima sektor kuliner, AGD, fesyen, kriya, dan film.

"Di tahun 2020 pemerintah akan menyalurkan Rp 24 miliar untuk 6 sub-sektor ekonomi kreatif dan sektor pariwisata," ujar Suparman dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Peserta yang bisa mengikuti proses seleksi BIP tahun 2020 diharuskan memilih salah satu dari dua kategori berdasarkan kondisi persyaratan dan kriteria usaha yaitu reguler dan afirmatif. Kriteria reguler akan mendapatkan bantuan maksimal Rp 200 juta. Sementara yang afirmatif maksimal Rp 100 juta.

Peserta dibatasi pada enam subsektor ekonomi kreatif yakni, aplikasi game developer, kriya, fesyen, kuliner, film, serta sektor pariwisata (seperti homestay dan usaha pariwisata khusus di lokasi desa wisata).kbc11

Bagikan artikel ini: