Adaptasi kebiasaan baru, trainer ini bagikan tips work-out dengan alat seadanya

Selasa, 23 Juni 2020 | 20:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di masa pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang kemudian dilakukan secara jarak jauh. Tak terkecuali, kelas kebugaran tubuh juga dilakukan secara jarak jauh melalui platform video call Zoom, Instagram, maupun Youtube.

Olahraga jarak jauh pun menjadi tren baru. Tidak sedikit orang mengisi kegiatan di rumah dengan melakukan kegiatan rutin membakar kalori dan menjaga kebugaran tubuhnya, mengikuti kelas-kelas olahraga yang diadakan secara digital. Para pelatihnya pun dipersiapkan membuat sesi work-out mereka sebagaimana biasanya di studio atau gym lengkap dengan peralatan.

Salah satu pelaku trainer kelas kebugaran jarak jauh itu adalah Andrew White. Aktivitas itu berawal dari dari niatan Andrew untuk berbagi ilmu yang ia miliki seputar training. Ide untuk melakukan ini pun menjadi motivasi sendiri bagi Andrew agar lebih giat berolahraga dengan harapan, rutinitas itu bisa menular ke followers-nya.

Peralatan yang digunakan pun umumnya cukup sederhana, hanya yoga mat, barbel atau tali skipping. “Agar latihan  lebih maksimal dan lebih konsisten, sebenernya pengen sharing ilmu yang aku punya seputar training dan ajak semua untuk olahraga bareng,” ujar Andrew yang saat ini menetap di Bali bersama istrinya, Nana Mirdad, dan putra-putri mereka, Jason dan Sarah dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Namun menurut Andrew ada satu hal yang disadari selama dia berolahraga, tidak semua orang memiliki peralatan gym yang lengkap di rumah mereka masing-masing. Namun, hal itu menurutnya tidak menghalangi seseorang untuk tetap melakukan olah raga di rumah.

“Bagaimana kalau kita coba gantikan peralatan yang biasa dipakai untuk workout di gym menggunakan peralatan sehari-hari yang kita temukan di rumah,” kata Andrew saat menjelaskan tentang idenya. Apa saja?

Handuk

Handuk bisa kamu gunakan sebagai alas tangan saat melakukan olahraga yang fokus kepada otot perut. Kamu bisa menggunakannya untuk gerakan plank, mountain climber, dan lain-lain!

Kursi

Tip: gunakan kursi lipat yang berbahan besi untuk menopangmu saat melakukan gerakan tricep dip untuk membentuk otot trisep di lengan.

Kaleng Sup

Kaleng sup cocok sekali untuk dijadikan beban ringan untuk latihan otot-otot lengan. Gunakan kaleng-kaleng ini untuk melakukan bicep curls atau overhead tricep curls dengan jumlah repetisi tinggi.

Botol Deterjen

Selama botol ini memiliki pegangan untuk tangan, cocok sekali untuk dipakai pada gerakan-gerakan seperti kettlebell swing, tinggal ambil posisi berdiri atau squat dan ayun kedua botol pada tangan.

Tangga

Sebuah set tangga di rumah (bukan tangga lipat yaa-) cocok sekali untuk melakukan gerakan cardio.

Berawal dari ide tersebut, Zinc shampoo menyambut baik inisiatif Andrew dan berencana mengadakan content collaboration berupa Instagram Live. Dengan tajuk #DoMoreAtHome bersama Zinc, Andrew White mengajak setiap penggiat olahraga untuk berolahraga bersama secara virtual demi mencapai tubuh sehat idaman. Sesi eksklusif olahraga virtual bersama Andrew White ini akan dilaksanakan langsung di akun Instagram Zinc Indonesia, yaitu @zinc_id pada 20 Juni 2020.kbc11

Bagikan artikel ini: