Ini rencana empat bank pelat merah usai dapat dana Menkeu

Kamis, 25 Juni 2020 | 11:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menempatkan dana sebesar Rp 30 triliun di empat bank milik negara atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Keempat bank BUMN ini pun berkomitmen menumbuhkan dana tersebut hingga tiga kali lipat dalam waktu relatif tiga bulan mendatang.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sunarso mengatakan, jika kemenkeu menempatkan dana Rp 10 triliun dari dana penempatan pemerintah,maka Bank BRI akan menyalurkan kredit Rp 30 triliun, khususnya ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor pangan.

"Kami optimistis bisa tercapai bahkan lebih dari itu," ujarnya, Rabu (24/6/2020).

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) Pahala N. Mansury mengatakan, pasca pemerintah menempatkan dana, maka Bank BTN sebagai spesialis kredit perumahan, akan mendorong kredit untuk rumah subsidi dan konstruksi yang pada tahun 2020 ini nilainya sekitar Rp 18 triliun sampai Rp 20 triliun.

Ada sekitar 146.000 unit rumah subsidi yang akan disasar BTN tahun ini. Pahala juga optimistis target ini akan tercapai.

"Dengan semua program kuartal III momentum pertumbuhan ekonomi bisa terwujud di tengah Covid," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. kbc10

Bagikan artikel ini: