IMF kembali pangkas proyeksi ekonomi dunia, kali ini minus 4,9%

Kamis, 25 Juni 2020 | 13:34 WIB ET

JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Rabu (24/9/2020) kembali memangkas proyeksi ekonomi global 2020 akibat pandemi virus corona (Covid-19).

IMF memperkirakan produk domestik bruto (PDB) global pada 2020 terkontraksi minus 4,9 persen. Prediksi ini lebih rendah dari yang diperkirakan pada April sebesar minus 3 persen.

"Pandemi Covid-19 berdampak lebih negatif pada aktivitas di paruh pertama 2020 daripada yang diperkirakan, dan pemulihan diproyeksikan lebih bertahap dari perkiraan sebelumnya," kata IMF pada Rabu dalam pembaruan World Economic Outlook.

IMF juga menurunkan proyeksi PDB atau pertumbuhan ekonomi tahun 2021 menjadi 5,4 persen dari perkiraan sebelumnya 5,8 persen yang dibuat pada April.

Lembaga yang berbasis di Washington itu menjelaskan bahwa revisi ke bawah itu disebabkan langkah pembatasan sosial kemungkinan akan tetap ada selama paruh kedua tahun ini.

IMF memperingatkan bahwa proyeksi terbaru melihat ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kegiatan ekonomi akan tergantung pada faktor seperti panjangnya pandemi, jarak sosial, perubahan rantai pasokan global dan dinamika pasar tenaga kerja baru. kbc9

Bagikan artikel ini: