Sekolah di era new normal, ini dua solusi teknologi dari Bhinneka

Minggu, 28 Juni 2020 | 19:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bhinneka.Com menawarkan dua solusi untuk menyambut era new normal yaitu ThermoNex dan Bhinneka Digital Classroom (DESE). Di sektor pendidikan, Bhinneka Digital Classroom menjadi sebuah solusi online learning untuk menghadapi tahun ajaran baru yang akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Solusi ini diharapkan dapat mendukung sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diperpanjang hingga akhir tahun 2020 agar dapat berjalan efektif dan efisien baik bagi sekolah, guru, siswa, serta para orang tua.

Solusi pertama yakni ThermoNex merupakan teknologi auto thermal detection yang diperlukan dalam melakukan screening kesehatan pengunjung dan menjaga keselamatan di ruang publik dan fasilitas umum.Salah satu keistimewaannya adalah dapat tersambung dengan sistem absensi yang diperlukan untuk perusahaan.

Chief of Commercial and Omnichannel (COCO) Bhinneka.Com, Vensia Tjhin mengatakan, menghadapi kenormalan baru, Bhinneka sebagai business super ecosystem yang melayani para pelaku bisnis, menyediakan beragam produk dan konsultasi untuk berbagai industri dalam menyediakan fasilitas yang diperlukan oleh korporasi, terutama dalam memenuhi aturan-aturan baru kesehatan dan ketenagakerjaan.

"Salah satunya meluncurkan Bhinneka Digital Classroom dan Thermonex," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (28/6/2020).

Dia menjelaskan, layanan Bhinneka Digital Classroom yang dihadirkan Bhinneka.Com merupakan paket lengkap ekosistem belajar mengajar online yang profesional. Menurutnya Bhinneka Digital Classroom berbasis G Suite for Education memungkinkan pihak sekolah memiliki akun Google khusus dan aksesnya bisa diseragamkan menjadi alamat email sekolah.

Tidak ketinggalan, Bhinneka Digital Classroom juga mampu menghubungkan komunitas guru maupun komunitas siswa untuk pertukaran informasi yang lebih terintegrasi.Selain keuntungan yang didapat oleh sekolah, siswa dan orang tua sebagai pendamping kegiatan PJJ juga dapat memanfaatkan fitur-fitur G Suite yang sudah cukup familiar, seperti: akses Google Drive menjadi unlimited, sesi pertemuan atau rapat lewat Google Meet bisa direkam, Google+ tersedia secara internal, penjadwalan di Google Calendar pun bisa langsung dikoneksikan ke tautan-tautan Google Meet.

Selain solusi untuk edukasi, program kepemilikan hardware (notebook atau tablet) dengan harga khusus juga telah dirancang demi menunjang para guru dan siswa. Dari tren tiga bulan terakhir, banyak guru yang menyadari tablet yang telah dilengkapi stylus pen merupakan perangkat paling ideal.

Akses internet relatif lancar, presentasi bisa dilakukan langsung dari tablet, coretan bisa ditambahkan di layar presentasi, bisa menyimpan buku digital (e-book), dan ringan dibawa ke mana-mana. Guru pun bisa lebih nyaman mengajar dari rumah.

Program pemilikan alat penunjang belajar tersebut telah didukung oleh berbagai mitra fintech untuk bantuan finansial. Di antaranya seperti Cicil.co.id, Akseleran, Avantee, dan Duha Syariah. Sementara itu, inovasi lainnya dari Bhinneka.Com dalam masa transisi ini adalah ThermoNex dalam rangka peningkatan kewaspadaan di ruang publik dan fasilitas umum.

Dengan ThermoNex, pemeriksaan suhu tubuh bisa dilakukan tanpa menerjunkan personel khusus untuk memegang termometer. Apabila suhu tubuh di atas normal terdeteksi, ThermoNex akan mengeluarkan tanda. Proses bisa lebih efisien, efektif, dan menjauhkan potensi keterpaparan bagi petugas. ThermoNex pun dapat melayani masyarakat lebih luas hingga 15% dibanding produk sejenis.

Head of Business Solution, Bhinneka.Com, Felix Huang menambahkan, ThermoNex merupakan inovasi Bhinneka.Com bagi sektor-sektor yang sedang melakukan penyesuaian memasuki kenormalan baru. Yang membedakan ThermoNex dari produk sejenis di pasar adalah auto thermal detection dengan facial recognition yang presisi dan dapat diintegrasikan dengan access control system, time attendance, visitor management system. "Parameter penting dari berjalannya sebuah bisnis," terangnya.

Selain itu, Bhinneka menghadirkan produk-produk yang mendukung kewaspadaan di fasilitas umum dan ruang publik, diantaranya; alat kebersihan, alat perlindungan diri untuk personal, alat perlindungan diri untuk garda terdepan, otomotif, peralatan olahraga untuk di rumah hingga produk-produk IT bagi pekerja yang masih bekerja dari rumah.kbc11

Bagikan artikel ini: