Kabar bahagia, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat, di sejumlah provinsi capai 86%!

Jum'at, 3 Juli 2020 | 10:52 WIB ET
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto

JAKARTA - Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Indonesia terus bertambah. Per 1 Juli 2020, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 25.595 orang atau sekitar 44 persen dari total kasus positif 57.770 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, angka kesembuhan 44 persen ini adalah rata-rata nasional. Jika dibagi per provinsi, ada sekitar 13 provinsi yang angka kesembuhannya sudah di atas 70 persen, bahkan 86 persen, di antaranya Bangka Belitung, Lampung, dan Yogyakarta.

“Kita senang bahwa banyak yang sudah sembuh. Ini karena perawatannya makin bagus,” kata Yurianto, Rabu (2/7/2020).

Tetapi ada sejumlah provinsi dengan angka kesembuhan masih 12 persen sampai 13 persen. Maluku Utara dengan angka kesembuhan terendah karena baru dilaporkan terjadi ledakan kasus dalam dua hari terakhir. Artinya dalam dua hari ini tingkat hunian di rumah sakit naik karena ledakan kasus positif.

Yurianto mengatakan, angka kesembuhan makin tinggi karena perhatian rumah sakit dalam memberikan perawatan kepada pasien menjadi lebih baik. Ini dikarenakan beban rumah sakit semakin berkurang, yang ditandai salah satunya dengan tingkat hunian yang semakin berkurang. Tingkat hunian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 rata-rata nasional sebesar 55,6 persen.

Dengan beban kerja yang tidak terlalu berat, seluruh sumber daya di rumah sakit termasuk tenaga kesehatan memberikan perawatan lebih optimal kepada pasien.

Bagikan artikel ini: