iPhone 12 Series jadi senjata Apple geser dominasi Samsuing di pasar 5G

Selasa, 7 Juli 2020 | 10:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Samsung melalui Samsung Galaxy S10 5G yang dirilis 2019 lalu menjadi perusahaan pertama yang menahbiskan diri sebagai industri smartphone 5G pertama.

Alhasil, Samsung sudah menelurkan beberapa smartphone 5G, dan kini vendor smartphone asal Korea Selatan tersebut jadi penguasa di pasar smartphone 5G.

Namun, dominasi ini diprediksi akan segera digeser oleh rival utamanya, yakni Apple yang akan merilis iPhone 12 Series dalam beberapa bulan mendatang.

Dilansir dari laporan dari Strategy Analytics, akan ada 234 juta smartphone 5G yang terjual di tahun ini. Angka ini adalah 15 persen dari keseluruhan dari angka penjualan smartphone tahun ini. Sementara, penjualan smartphone 5G tahun lalu hanya 18,6 juta unit, yang membuat jika prediksi ini benar, akan ada peningkatan 12 kali lipat.

Samsung sendiri di kuartal pertama 2020 telah menjual 8,3 juta unit smartphone, dan membuatnya jadi pemilik pangsa pasar terbesar smartphone 5G dunia dengan 34 persen. Huawei membuntuti dengan 8 juta unit dan 33,2 persen.

Ketika Apple merilis varian iPhone 12 Series yang digadang memiliki empat buah varian iPhone 56G, disebut Apple bisa menembus dominasi Samsung dan Huawei.

Laporan tersebut mengungkap bahwa diprediksi Apple akan merengkuh 21,4 persen pasar smartphone 5G global, dan Samsung akan turun di angka 17,8 persen.

Hal ini disebut karena Apple menyiapkan varian dari yang termurah hingga yang paling premium. Strategi "iPhone murah" sudah selalu terbukti membawa penjualan yang luar biasa bagi Apple.

Samsung sendiri telah menyiapkan deretan smartphone 5G dengan harga terjangkau. Namun menurut laporan, rilisnya gadget semacam cukup akan membantu kenaikan pangsa pasar di negara berkembang. kbc10

Bagikan artikel ini: