Siap-siap! Toyota Corolla Cross bakal diboyong ke Indonesia

Jum'at, 10 Juli 2020 | 11:23 WIB ET

JAKARA, kabarbisnis.com: Toyota Corolla Cross yang resmi diluncurkan di Thailand kemarin dipastikan bakal masuk ke pasar Indonesia.

Hal itu diakui Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Jimmi Suwandy. “Iya betul,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Hanya saja, Anton enggan membeberkan informasi detail mengenai jadwal peluncuran maupun alasan memboyong Corolla Cross. Padahal, Toyota memiliki sejumlah opsi lain yang tak kalah menarik seperti Toyota Yariss Cross atau Toyota Rav4 generasi terbaru. Rav4 sendiri sudah diluncurkan di negara tetangga, Malaysia bulan lalu. 

Asal tahu saja, Toyota Corolla Cross sendiri memiliki modal nama besar mobil terlaris Toyota, yakni Corolla sedan. Sejak diluncurkan di Jepang pada 1966, total penjualan Corolla di seluruh dunia hingga saat ini lebih dari 48 juta unit. Model ini dipasarkan di lebih dari 150 negara. 

Corolla Cross di Thailand ditawarkan dalam dua pilihan, yakni bermesin bensin 1.8 liter dan hybrid. Model dengan kapasitas 5 tempat duduk ini ditawarkan dengan harga setara Rp 454 juta hingga Rp 550 juta di pasar Thailand. 

Corolla Cross reguler menggunakan mesin 1.8 liter 4 silinder 2ZR-FBE yang mampu menghasilkan 140 tenaga kuda dan torsi 175 Nm. Tenaga ini disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi otomatis (CVT). 

Sedangkan pada versi hybrid, sanggup menghasilkan daya 98 tenaga kuda dan torsi 142 Nm. Daya ini mendapatkan tambahan 72 tenaga kuda dan torsi 163 Nm dari kinerja motor listrik

 Corolla Cross Hybrid didukung transmisi canggih, e-CVT dan menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.800 cc 4 silinder 2ZR-FBE berkekuatan 140 hp dan torsi 175 Nm yang diakurkan dengan transmisi CVT. Pilihan mesin lainnya adalah varian hibrid dengan kemampuan mesin 98 hp dan 142 Nm serta tambahan 72 hp dan torsi 163 Nm yang disumbang dari kinerja motor listriknya. Khusus untuk tipe kedua ini mengusung transmisi e-CVT.

Toyota Corolla Cross sudah mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti pada Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan sebagainya.

Di segmen SUV medium, Toyota Corolla Cross akan berhadapan dengan sejumlah pemain seperti Mitsubishi Outlander Sport dan Mazda CX-30. Bisa juga beririsan dengan Honda CR-V dan Mazda CX-5. kbc10

Bagikan artikel ini: