Lewat OSS, izin usaha mikro kecil oleh koperasi dipermudah

Jum'at, 10 Juli 2020 | 21:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mempermudah proses perizinan koperasi melalui Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) melalui Online Single Submission (OSS).

Hal itu dikatakan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Ahmad Zabadi dalam Urbancity.id Webinar bertajuk "Koperasi dan UMKM Go Digital Di Era New Normal" di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

"Bagi koperasi yang ingin mengembangkan usahanya, atau meminta izin operasional untuk membuka cabang dan urusan lainnya, tidak perlu datang ke Dinas Koperasi dan Kemenkop UKM. Bisa lewat OSS saja, selanjutnya akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan izin usaha," kata Zabadi.

Dia mengatakan, ini merupakan bentuk kemudahan dalam proses perizinan bagi para pelaku usaha. Zabadi juga menegaskan bahwa ada kerugian yang akan dihadapi oleh para koperasi yang belum mengantongi izin usaha.

"Tidak sedikit ditemui praktik-praktik yang mengatasnamakan koperasi, tapi tidak mengantongi izin. Ada koperasi yang membuka cabang di berbagai daerah, ternyata tidak memiliki izin operasional. Ini tentunya merugikan bagi koperasi, apalagi saat ini kami sudah membangun sistem yang menghubungkan koperasi legal dengan lembaga keuangan lainnya," jelas Zabadi.

Lebih lanjut dia menyampaikan, koperasi yang tidak memiliki izin akan terkendala di bagian permodalan, dimana mereka tidak bisa mengakses pembiayaan. Reputasi mereka akan terdampak dengan berkurangnya kepercayaan calon anggota kepada koperasi.

"Dari aspek legalitas, tentunya mereka juga akan menghadapi konsekuensi perpajakan dan hukum dari regulasi yang berlaku," tutur Zabadi. kbc10

Bagikan artikel ini: