Salurkan bantuan penanganan Covid-19, Forkas Jatim gandeng Kodam V Brawijaya

Sabtu, 11 Juli 2020 | 14:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Forum Komunikasi Asosiasi(Forkas) Jawa Timur terus menghimpun dan menyalurkan bantuan penanganan Covid-19 dari seluruh anggotanya. Hal ini dilakukan sebagai tanggung jawab moril untuk ikut bersama menanggulangi bencana Covid-19

Kali ini, penyaluran donasi dilakukan dengan menggandeng Kodam V Brawijaya. Kegiatan penyaluran donasi Forkas kepada Kodam V Brawijaya, digelar di ruang Hayam Wuruk, Makodam V Brawijaya. Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, menerima langsung rombongan pengurus Forkas yang didampingi Ketua Pembina Forkas Jatim, Alim Markus.

Ketua Forkas Jatim, Nur Cahyudi mengatakan aksi ini adalah aksi sosial lanjutan Forkas Jatim dalam membantu pemerintah provinsi Jatim untuk menanggulangi Pandemi Covid 19. Para pengusaha Forkas Jatim bekerjasama dengan Kodam V / Brawijaya mengadakan aksi sosial dalam bentuk pemberian bantuan alat pelindung diri, Vitamin dan Perlengkapan kesehatan bagi masyarakat atau tenaga medis yang terdampak pandemi Covid 19 atau yang membutuhkan untuk pencegahan.

"Kami berusaha berbagi peran dengan pemerintah. Pemerintah telah membuat berbagai kebijakan agar roda ekonomi terus bergerak. Sementara kami para pengusaha ingin berperan aktif membantu saudara kita yang terdampak Covid-19 yang mengalami keterbatasan akses sumber daya, baik akses ekonomi maupun akses alat kesehatan," kata Nur Cahyudi, Surabaya Jumat (10/8/2020).

Donasi bantuan yang diserahkan ke Kodam, berupa beberapa Alat Pelindung Diri (APD). Yaitu 10.000 Masker medis, 12.000 Masker Non Medis, 50.000 Vitamin c, 500 Pasang Sepatu Booth, 1.500 Enzim dan 25 Set Disposable Bed.

"Semoga aksi sosial Forkas Jatim  dapat membantu pemerintah Jawa Timur dalam mencegah dan menanggulangi pandemic covid 19, sehingga ekonomi Jawa Timur dapat segera bangkit," ujar Nur Cahyudi.

Pada kesempatan yang sama, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah mengatakan terimakasih atas upaya Forkas untuk bersama-sama menanggulangi Covid-19. "Kami sangat apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diberikan Forkas kepada kami. Nantinya akan kami salurkan ke jajaran anggota yang ada di lapangan," ungkap Pangdam V Brawijaya. 

Selama ini jajaran anggota Kodam V Brawijaya selama pandemi covid 19 juga menjadi garda depan di masyarakat. Terutama para Bintara Pembina Desa (Babinsa). 

Namun karena Babinsa ini rata-rata sudah senior diatas 40 tahun, dan menurut aturan kesehatan, sangat rentan terhadap Covid 19, kemudian mereka diganti dengan yang lebih muda. 

"Untuk Babinsa usia diatas 40 tahun, kami tarik untuk dinas di dalam. Sementara yang di lapangan, kami tugaskan yang lebih muda, karena secara kesehatan, memiliki imunitas yang lebih baik," jelasnya.

Dengan adanya donasi bantuan dari Forkas, berupa APD dan vitamin, akan menjadi "amunisi" tambahan untuk kesehatan dan keamanan Babinsa di lapangan ditengah pandemi covid 19 ini. 

Nur Cahyudi menambahkan, donasi Forkas ini merupakan yang tahap V. "Tahap satu kami bagikan sembako ke masyarakat umum, tahap 2 melalui Polres Sidoarjo, tahap 3 melalui Polres Mojokerto, dan tahap 4 melalui Polda Jatim. Sekarang giliran ke Kodam V Brawijaya," jelas Nur Cahyudi. 

Donasi ini siap dilakukan bertahap dengan target bisa mencapai 10 tahap. Harapannya, donasi ini menjadi bagian dari kontribusi para pengusaha melalui Forkas Jatim dalam hal mendukung upaya pemutusan penyebaran Covid 19 di Jatim.kbc6

Bagikan artikel ini: