Resso ajak anak muda Jatim tetap di rumah sambil nikmati streaming musik sosial pertama

Kamis, 16 Juli 2020 | 21:38 WIB ET
Head of Music and Content, Resso Indonesia, Christo Putra
Head of Music and Content, Resso Indonesia, Christo Putra

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah guna mencegah penyebaran wabah. Beragam kegiatan pun dilakukan anak muda untuk mengusir rasa bosan selama di rumah, salah satunya dengan menikmati streaming musik.

Kondisi ini ditangkap Resso sebagai aplikasi streaming musik sosial pertama di dunia, dengan mengajak generasi muda di Jawa Timur untuk merasakan pengalaman mendengar musik yang lebih imersif online.

Head of Music and Content, Resso Indonesia, Christo Putra mengatakan, Gen Z dan milenial adalah target utamanya karena musik dan media sosial merupakan pusat kehidupan sehari-hari mereka.

Potensi anak muda di provinsi ini memang besar. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2018, Jawa Timur memiliki lebih dari 6 juta atau sekitar 15 persen populasi Gen Z. Hal ini menunjukkan potensi yang tinggi untuk Resso semakin menjangkau generasi muda di berbagai daerah dan membagikan pengalaman baru dalam mendengarkan musik.

"Resso membawa pengalaman yang benar-benar baru bagi para penggunanya. Saat kami menggabungkan musik dan sosial ke dalam satu platform yang revolusioner, personalisasi adalah satu dari kekuatan utama kami di Resso. Bisakah Anda bayangkan bagaimana satu lagu dapat diekspresikan dengan ratusan cara yang berbeda? Melalui Resso, pengguna dapat menemukan diri mereka dalam musik yang sangat mereka cintai dan membagikannya secara sosial dengan cara yang sangat personal," kata Christo dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/7/2020).

Ditambahkannya, dirancang untuk generasi baru yang mencintai musik, Resso menawarkan pengalaman yang unik dan mudah digunakan, sehingga dapat membuat para penggemar untuk menemukan, mengekspresikan, dan merasakan musik dengan cara yang benar-benar baru. Resso bisa diunduh di App Store dan Google Playstore.

Beberapa fitur yang ditawarkan Resso yakni Vibes, yang memungkinkan para pengguna untuk mengekspresikan diri mereka dengan membuat video, GIF, atau gambar berdasarkan dengan lagu yang mereka bagikan bersamaan dengan lirik.

Ada juga Comments, yang memperkenalkan para penggemar musik yang memiliki selera yang sama untuk terhubung satu sama lain.

Serta Lyric Quotes, yang membebaskan para pengguna untuk memilih dan membagikan lirik favorit mereka dan mengekspresikan perasaan mereka.

Christo menyebut, berdasar survei yang dilakukan McKinsey Indonesia menyatakan bahwa 37% konsumen meluangkan waktu lebih banyak pada aktivitas hiburan pada masa pandemi. Streaming online juga mengalami pertumbuhan sebesar 9% selama dan 74% konsumen berencana untuk melanjutkan kebiasaan ini.

"Hal ini menunjukkan bahwa kini platform digital merupakan sebuah hal penting yang menjadi bagian dari para pengguna internet sehari-hari, termasuk Resso," jelasnya yang menyebut jumlah user Resso terus mengalami peningkatan signifikan seiring penambahan fitur dan para musisi yang digandeng.

Bagi para musisi, ungkap Christo, mendapatkan beragam manfaat termasuk di saat pandemi, diantaranya dengan mengadakan sesi konser live streaming dengan para musisi terkenal Indonesia untuk membuat para pengguna tetap terhubung selama pandemi.

"Para musisi mengambil alih (take over) Instagram Resso Indonesia (@ressoidn) dan memainkan karya musik mereka sambil berinteraksi dengan para penggemarnya. Beberapa musisi yang turut meramaikan acara ini diantaranya adalah Raisa, Rendy Pandugo, Andien, dan Eva Celia," ulasnya.

Resso secara virtual juga menghubungkan musisi junior dan musisi senior untuk berkolaborasi dan menjadi inspirasi bagi satu sama lain dalam membuat gaya baru dalam bermusik.

"Resso akan terus meningkatkan kualitas platformnya dan menyediakan pengalaman yang lebih unik lagi bagi para pengguna maupun musisi," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: