Geliat ekonomi di tengah pandemi, trafik penumpang pesawat naik 80 persen

Jum'at, 17 Juli 2020 | 15:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jumlah penumpang pesawat di masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 ini cenderung mengalami peningkatan.

Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub, Mohammad Alwi, menyebut trafik penumpang pesawat secara umum mengalami peningkatan hingga 80 persen.

"Kita telah memonitor, dan sudah mulai naik 80 persen trafiknya. Diharapkan kita bisa naikan kembali agar signifikan," kata Alwi dalam diskusi online The Habibie Center, Rabu (15/7/2020).

Tetapi Alwi juga mengatakan, masih ada penekanan di sektor transportasi udara karena adanya pandemi Covid-19 khususnya terkait penyebaran virus ini.

"Dampak Covid-19 terhadap industri penerbangan, menyebabkan penurunan jumlah penumpang baik domestik dan internasional," ujar Alwi.

Hal ini, lanjut Alwi, tentunya berpengaruh terhadap pendapatan negara dan pendapatan maskapai itu sendiri pasti mengalami penurunan.

"Meskipun trafik penerbangan sudah mulai merangkak naik secara bertahap, namun tetap saja masih ada masalah yang ditimbulkan," kata Alwi.

Masalah itu, menurut Alwi, terkait jumlah penerbangan yang telah disiapkan maskapai tidak seimbang dengan jumlah penumpang yang menggunakannya.

"Saat ini apabila maskapai memiliki 200 pesawat, yang terbang cuma 40 persen saja. Pesawatnya siap beroperasi, tetapi penumpangnya sepi," ujar Alwi.

Maka dari itu, Alwi mengungkapkan, pihaknya terus berusaha untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat agar kembali percaya menggunakan angkutan udara. kbc10

Bagikan artikel ini: