Erick Thohir ditunjuk jadi ketua pelaksana koordinasikan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi

Selasa, 21 Juli 2020 | 09:31 WIB ET

JAKARTA - Presiden Jokowi, Senin (20/7/2020), menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Bapak Presiden telah menandatangani perpres terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020) .

Berdasarkan perpres tersebut, Presiden Jokowi menugaskan kepada komite untuk melihat situasi perekonomian nasional, perkembangan Covid-19, khususnya terkait ketersediaan peralatan tes, perkembangan vaksin dan antibodi, serta program perekonomian yang bersifat multiyears.

“Kita melihat bahwa recovery pandemi Covid-19 akan memakan waktu. Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan penugasan agar tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi ini berjalan secara beriringan dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal,” jelas Airlangga.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional terdiri atas Komite Kebijakan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional. Komite Kebijakan dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang dbantu enam wakil ketua, yakni Menko Perekonomian Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Dalam Komite Kebijakan, Menteri BUMN Erick Thohir ditunjuk sebagai ketua pelaksana, dibantu Sekretaris Eksekutif I Raden Pardede dan Sekretaris Eksekutif II, yakni Sekretaris Kemko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso.

Erick Thohir bertugas mengoordinasikan langkah-langkah penanganan antara Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang dipimpin Budi Gunadi Sadikin serta Satgas Penanganan Covid-19 yang dipimpin Doni Monardo. kbc9

Bagikan artikel ini: