Di tengah pandemi, 57% UMKM justru sukses genjot pelanggan baru

Kamis, 23 Juli 2020 | 13:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan logistik Paxel mengatakan 57% Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penambahan jumlah pelanggan baru selama pandemi berdasarkan survei terbarunya.

"Terdapat beberapa adaptasi yang dilakukan UKM untuk survive di tengah pandemi," jelas Zaldy Ilham Masita, COO Paxel dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

UMKM Indonesia menjadi salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19. PSBB mengakibatkan banyak UKM yang terpaksa menutup tokonya secara offline.

Upaya adaptasi pun dilakukan UMKM untuk bertahan selama masa PSBB, seperti 39,99% mengurangi stok barang jualan dan 16,1% mengurangi karyawan karena toko offline yang ditutup.

Perubahan perilaku pun dialami juga pembeli selama masa PSBB meskipun tidak drastis. Sekitar 37,3% konsumen tetap berbelanja dengan jumlah yang normal atau lebih sedikit, tapi mengubah frekuensi belanja menjadi lebih sering.

Dengan kebutuhan yang berbeda, 28,3% konsumen membeli produk dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, tapi mengurangi frekuensi berbelanja menjadi lebih jarang dari sebelum masa PSBB.

Survei Paxel juga menemukan salah satu cara UMKM bertahan di tengah pemberlakuan PSBB adalah dengan mengubah jenis produk yang dijual. 52% UMKM membanting stir beralih menjual makanan beku (33,1%) dan berbagai jenis kue (17,1%) untuk beradaptasi di tengah pandemi.

Dalam survei juga terungkap bahwa jasa sameday delivery antarkota juga membantu UMKM menjangkau pelanggan baru. 57% UMKM mengalami peningkatan jumlah pelanggan baru karena adanya jasa sameday delivery antarkota.

Hal ini dapat dipahami karena, menurut perusahaan, 57,2% UMKM mengaku mengalami kendala pesanan yang dadakan, namun perlu dikirim segera. Sementara 47,8% UMKM lainnya mengalami kesulitan pengiriman karena lokasi penerima jauh dari lokasi penjual sehingga durasi pengiriman yang cepat membantu ketahanan barang, khususnya bagi UMKM makanan.

Karena itu, 40,5% UMKM memilih sameday delivery Paxel lebih mengutamakan kecepatan pengiriman. Bahkan mau kompromi dengan ongkos kirim. Menurutnya Indonesia memiliki potensi wisatawan domestik yang sangat besar yakni hingga 300 juta perjalanan setiap tahunnya.

Apalagi, saat ini persen 50% dari PDB (produk domestik bruto) sektor pariwisata Indonesia berasal dari wisatawan domestik. Dia pun mengajak semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama membangun destinasi wisata yang berkualitas dan mendukung penerapan protokol kesehatan.kbc11

Bagikan artikel ini: