Dapat restu Satgas Covid-19, PSSI siap lanjutkan Liga 1

Kamis, 23 Juli 2020 | 15:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 akhirnya merestui permintaan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dengan Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo pada Rabu (22/7/2020).

Iriawan menyatakan, kunjungan itu dilakukan dalam rangka meminta arahan dan petunjuk untuk rencana keberlangsungan kompetisi sepak bola Indonesia yang rencananya akan digulirkan Oktober mendatang. Dia pun menyatakan telah mendapatkan restu dari Ketua Satgas Covid-19.

“Prinsipnya beliau (Doni Monardo) memberikan dukungan kepada PSSI. Hanya ada beberapa hal yang harus disepakati oleh PSSI serta seluruh komponen sepak bola, termasuk suporter,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu seperti dilansir laman resmi PSSI.

Menurut dia, Doni hanya berpesan agar PSSI dan seluruh tim yang akan berlaga menyepakati dan mengikuti aturan protokol kesehatan. Hal itu penting agar pertandingan sepak bola tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia yang belum menunjukkan tanda-tanda positif.

“Dalam konsep kami, tentunya protokol kesehatan nomor satu. Yang kedua karena ini kompetisi pada masa Covid-19 tentunya kita mengikuti beberapa liga yang ada di dunia yaitu tanpa penonton. Pak Doni Monardo menyepakati atau memberikan izin kepada kami untuk itu, namun protokol kesehatan tentunya menjadi yang utama dalam hal ini,” kata Iriawan.

Dia menambahkan, Satgas Penanganan Covid-19 bahkan siap memberikan dukungan berupa bantuan swab test kepada PSSI untuk melanjutkan Liga 1. Dengan begitu, nantinya setiap tim tak perlu repot-repot melakukan swab test secara mandiri.

"Ada hal yang sangat mengembirakan buat kami, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa beliau akan membantu nanti pada saat bergulirnya kompetisi untuk memberikan bantuan swab test kepada PSSI. Ini suatu hal yang menggembirakan buat kami," kata mantan Kapolda Metro Jaya, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat itu.

"Mohon doa dan dukungannya agar kompetisi bisa bergulir dengan tepat waktu nanti, dengan protokol kesehatan yang kami utamakan," sambungnya.

Doni sendiri menyatakan menyambut baik rencana PSSI itu. Bahkan dia berencana menyisipkan kampanye tentang protokol kesehatan pada lanjutan Liga 1 2020.

“Kami memberikan pesan serta minta bantuan kepada Ketua Umum PSSI dan jajaran pengurus PSSI untuk memanfaatkan momentum liga ini, sebelum kegiatan dimulai untuk mengajak seluruh suporter yang menonton lewat streaming, televisi dan lain-lain tentang pentingnya ketentuan protokol kesehatan," kata Doni.

Melalui sepak bola, pihaknya berharap ada satu kampanye yang dimulai dari olahraga. "Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PSSI atas donasi APD yang diberikan, selanjutnya akan disalurkan kepada tenaga medis dan bagi yang membutuhkan," tegasnya.

PSSI sebelumnya telah mengeluarkan keputusan untuk melanjutkan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 musim ini. Keputusan tersebut diambil setelah mereka menggelar pertemuan secara virtual dengan semua pengurus tim yang akan bertanding. Hasil rapat kemudian dibawa ke rapat Komite Eksekutif PSSI dan akhirnya disetujui. kbc10

Bagikan artikel ini: