Homestay hingga restoran terdampak pandemi bakal diguyur Rp200 juta

Kamis, 23 Juli 2020 | 15:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menyusun program bantuan untuk membantu industri pariwisata di destinasi andalan, mulai dari homestay sampai bisnis kuliner yang terdampak pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, pemerintah bakal memberikan insentif dengan nilai hingga Rp 200 juta untuk homestay dan bisnis kuliner di daerah wisata. Dia mengatakan nantinya usaha yang mau mendapatkan insentif akan direview terlebih dahulu.

"Kami juga lakukan bantuan insentif di daerah wisata, homestay hingga bisnis kuliner maksimal Rp 200 juta. Nanti akan direview dulu usahanya," ungkap Wishnutama dalam webinar yang diadakan oleh Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Rabu (22/7/2020).

Kemudian dalam menggenjot pergerakan wisatawan lokal, pihaknya mengatakan akan bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk berikan diskon ke beberapa destinasi unggulan.

"Kami juga bersama Garuda akan coba memberikan diskon tiket ke beberapa destinasi. Kami juga dorong K/L untuk berkegiatan di destinasi wisata," ujar Wishnutama.

Wishnutama juga mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan untuk memberikan subsidi listrik untuk usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, bantuan langsung tunai juga dipersiapkan untuk karyawan sektor pariwisata.

"Kami juga upayakan subsidi listrik dan BLT untuk karyawan pariwisata secara langsung," papar Wishnutama. kbc10

Bagikan artikel ini: