Di tengah pandemi, penjualan mobil grup PSA tembus 1 juta unit

Senin, 3 Agustus 2020 | 17:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di tengah pandemi Covid-19 melanda dunia, penjualan grup PSA sebagai pemilik merk otomotif yang menaungi merek Peugeot, Citroen, DS, dan Opel Vauxhall mencatat hasil positif. Secara total, penjualan perusahaan ini mencapai penjualan sebanyak 1 juta unit di seluruh dunia pada semester pertama tahun ini.

Pada Juni 2020, penjualan pada bulan tersebut naik hampir dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya walaupun masih dalam kondisi pandemi krisis virus corona. Masa pandemi Covid-19 masih tetap membayangi perkembangan dunia industri otomotif dunia. Tidak terkecuali, grup PSA.  

“Tim kami sedang dalam tahap pemulihan di dalam kondisi krisis ini. Dengan komitmen menghasilkan penjualan yang menguntungkan dari produk berkualitas dan juga kompetitif," ucap Carlos Tavares, Groupe PSA Managing Board Chairman dalam keterangan tertulis, Minggu (2/8/2020).

Groupe PSA semakin fokus dalam mengembangkan jajaran produk full elektrik. Seluruh model line up terbaru menawarkan pilihan full elektrik maupun hybrid. Hal ini mendukung brand-brand yang berada di bawah PSA yang notabene memiliki karakter kuat bagi para customer-nya baik B2C (Business to Consumer) maupun B2B (Business to Business).

Di pasar Eropa, penjualan dari brand-brand milik PSA pulih secara kuat pada bulan Juni 2020 (Kenaikan penjualan dan delivery mencapai hingga 71% dibandingkan pada bulan Mei 2020).

Sementara di Timur Tengah dan Afrika, meskipun terjadinya pandemi global dan pasar regional Timur Tengah – Afrika, menurun hingga 26,4%, penjualan yang dicapai oleh Grup PSA lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Market share tumbuh sebesar 46%.

Di China, dimana sangat terdampak Pandemi Covid-19, namun Grup PSA optimis masih mengembangkan pasar sesuai dengan rencana. Peugeot e2008 diperkenalkan pada 20 Mei 2020 dan akan dilanjutkan oleh Peugeot 4008 PHEV, 508L PHEV, dan Citroen C5 Aircross Hybrid pada semester kedua 2020 ini. Hal ini menegaskan optimisme PSA Grup di kawasan ini.

Sedang di Amerika Latin, Grup PSA mulai mendapatkan tempat dengan market share di Chili, Meksiko, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Di Argentina, PSA berhasil mempertahankan market share 2 digit (10%). Padahal seharusnya bakal naik dengan mulai diproduksinya Peugeot 208 di wilayah tersebut.

Di India dan Asia Pasifik, tren pasar menurun hingga 27 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (2019). Namun penurunan delivery kendaraan hanya turun sebesar 14% yang menghasilkan Grup PSA mendapatkan kenaikan market share sebesar 14%.

Terakhir, di Eurasia juga terjadi kenaikan market share bagi merk-merk di bawah grup PSA. Kenaikan market share sebesar 8.9% terjadi di Ukraina dan kenaikan 0.4% untuk wilayah Rusia. kbc7

Bagikan artikel ini: