Percepat transformasi digital, RI butuh 600 ribu SDM per tahun

Senin, 3 Agustus 2020 | 17:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya mempersiapkan roadmap transformasi digital untuk 15 tahun mendatang.

Presiden menginginkan adanya percepatan penyediaan layanan internet di 12.000 desa atau kelurahan di titik-titik layanan publik. Karena itu dibutuhkan peta jalan transformasi digital di sektor strategis baik pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, dan perdagangan.

Begitu juga dengan sektor industri dan penyiaran dalam bingkai percepatan integrasi pusat data.Jokowi tidak mau infrastruktur digital yang sudah dibangun utilitasnya sangat rendah.

"Lalu, persiapkan kebutuhan sumber daya manusianya (SDM) talenta digital. Ini penting sekali untuk melakukan transformasi digital," kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rapat terbatas tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/8/2020).

Presiden menyebutkan, Indonesia butuh talenta digital kurang lebih sembilan juta orang untuk 15 tahun ke depan. Artinya, butuh 600.000 SDM per tahun untuk membangun ekosistem tersebut. "Saya juga minta yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepatnya," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: