PUPR klaim proyek konstruksi tetap berjalan di tengah pandemi

Rabu, 5 Agustus 2020 | 09:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa berbagai proyek infrastruktur yang telah direncanakan pada tahun ini tetap berjalan seperti biasa meski ada pandemi Covid-19 di Tanah AIr.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto menyatakan, tidak ada pekerjaan konstruksi yang dihentikan akibat pandemi virus Corona.

"Tidak ada (proyek dihentikan akibat Covid-19), semua pekerjaan konstruksi saat ini masih pelaksanaan," ujarnya, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, regulasi yang mengatur penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan proyek konstruksi, yaitu Instruksi Menteri No. 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang ditandatangani pada 27 Maret 2020, masih berlaku dan diterapkan dalam pelaksanaan proyek konstruksi di lapangan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebutkan bahwa pengoperasian jalan tol dan proyek konstruksi tol akan terus berjalan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan pihaknya untuk mendukung konektivitas barang dan jasa selama pandemi.

"Di setiap jalan tol yang beroperasi saat ini tetap diberlalukan protokol kesehatan terhadap petugas layanan jalan tol. Seperti jaga jarak fisik antara petugas, memakai masker, kacamata safety, dan menjaga kebersihan serta mencuci tangan," ujarnya.

Selain itu, petugas tol juga diarahkan untuk rutin membersihkan gerbang tol seperti membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cara menyemprotkan disinfektan.

Kemudian setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga sudah menyiapkan fasilitas pendukung sesuai protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: