Pemerintah siapkan cashback Rp750 ribu bagi pembeli produk UMKM

Senin, 10 Agustus 2020 | 11:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Kali ini, dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, pemerintah menggelar promosi, yakni berupa cashback hingga Rp 750.000 bagi masyarakat yang berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM.

"Dalam rangka momen 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, saya sebagai bagian dari pemerintah Indonesia merasa perlu untuk memberikan program stimulus tambahan bagi masyarakat sebagai konsumen untuk berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM/IKM kita. Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750.000/konsumen," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan, kemarin.

Tak hanya untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang, ajang ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

"Saya tekankan kepada jajaran kementerian terkait untuk benar-benar memperhatikan hal ini, karena sejalan dengan harapan Presiden @Jokowi agar daya beli masyarakat bisa kembali bergerak terhadap produk lokal sehingga bisa berdampak pada perbaikan roda perekonomian Indonesia," tegas Luhut.

Khusus untuk memberikan cashback ini, pemerintah menggelontorkan stimulus belanja hingga Rp 7,6 triliun.

"Total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 triliun," papar dia.

Luhut menjelaskan, cashback ini diberikan untuk para konsumen yang berbelanja lewat transaksi non tunai via bank ataupun dompet digital.

"Tentunya harus berbelanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah dikenal di Indonesia," pungkas Luhut. kbc10

Bagikan artikel ini: