Toshiba resmi lepas bisnis laptop

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan elektronik Jepang, Toshiba mengumumkan keputusan untuk mundur dari bisnis laptop setelah 35 tahun berkiprah di industri komputer.

Seperti dikutip melalui The Verge, perusahaan asal Jepang ini mundur pada 4 Agustus 2020. Selanjutnya, perusahaan elektronik Sharp telah membeli sisa saham PC Toshiba sebesar 19,1 persen pada Juli 2020. Hal tersebut menjadikan bisnis laptop Toshiba dikuasai Sharp sepenuhnya.

Sekedar catatan, dua tahun lalu, Toshiba menjual 80,1 persen saham bisnis computer pribadi (PC)-nya kepada Sharp seharga US$ 36 juta, dan Sharp mengganti nama divisi tersebut menjadi Dynabook. Sharp menggunakan haknya untuk membeli sisa 19,1 persen saham pada bulan Juni, dan Toshiba merilis pernyataan pada 4 Agustus bahwa kesepakatan telah selesai.

"Sebagai hasil dari pengalihan ini, Dynabook telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sharp," kata Toshiba seperti dikutip, Senin (10/8/2020).

Seperti diketahui, Toshiba sempat menjadi produsen PC teratas dalam kurun waktu 1990 hingga awal tahun 2000. Namun, pesatnya persaingan dan perkembangan teknologi komputer dan minimnya fitur unik yang ditawarkan Toshiba, membuat nama perusahan raksasa ini semakin memudar.

"Kami akhirnya mengucapkan selamat tinggal untuk bisnis komputer pribadi. Tidak ada kesan yang mendalam selama lebih dari tiga dekade berjalan di bisnis ini. Kendati hanya bisnis, tapi kami berharap bisa mengucap satu atau dua kalimat untuk menjadi kenangan," tulis Toshiba melalui keterangan resminya.

Dikutip melalui Computer World, Toshiba sempat meluncurkan laptop pertamanya T1100 pada tahun 1985. Hal tersebut dianggap sebagai pendorong pertumbuhan industri laptop. Pasalnya, produk ini menyertakan serangkaian fitur dasar yang akan menjadi standar untuk PC selama dua dekade mendatang.

Fitur-fitur ini termasuk baterai isi ulang internal, layar LCD, drive floppy disk 3,5 inchi, dan kompatibilitas dengan PC IBM. Selain itu, T1100 memiliki memori 256KB, layar LCD reflektif 640x200 piksel yang mampu menampilkan 25 baris 80 karakter, floppy disk 3,5 inchi (8,9 cm) yang mendukung disk 640KB dan 720KB. kbc10

Bagikan artikel ini: