Telkom jelaskan penyebab IndHome alami gangguan

Jum'at, 14 Agustus 2020 | 11:55 WIB ET

JAKARTA - Layanan internet broadband Telkom IndiHome mengalami gangguan pada Kamis (13/8/2020). Gangguan dialami pengguna IndiHome di berbagai daerah seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Sidoarjo.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, mengatakan gangguan massal tersebut disebabkan adanya salah satu Domain Name Server (DNS) yang tidak berfungsi normal.

Masalah pada DNS tersebut menyebabkan terputusnya trafik internet yang umumnya terjadi selama 5-10 menit. Namun, di beberapa daerah seperti Bekasi, Slipi, dan Bandung, pemulihan jaringan membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Telkom mencatat gangguan terjadi mulai pukul 10.20 WIB dan lalu lintas layanan diklaim kembali pulih seluruhnya pada pukul 10.45 WIB.

"Mewakili manajemen, sekali lagi kami memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome," kata Arif.

"Kami terus berupaya meningkatkan kehandalan kualitas IndiHome ke depan," imbuhnya.

Gangguan serupa juga pernah terjadi sebelumnya pada Juli lalu. Kala itu, terjadi gangguan transmisi yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan. kbc9

Bagikan artikel ini: