Gandeng UGM, PJB realisasikan Program Kampus Merdeka

Rabu, 19 Agustus 2020 | 09:19 WIB ET

SURABAYA,  kabarbisnis.com: Sebagai perusahaan pembangkit yang optimis untuk menjadi yang terdepan di Asia Tenggara, PJB tidak hanya berambisi dalam menghadirkan listrik yang andal, namun juga meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia melalui beragam program pendidikannya. Setelah berhasil dengan program-program seperti Akademi Komunitas, PJB Class, atau Program Mahasiswa Magang Bersertifikat dari PT PLN, kali ini PT PJB dipercaya oleh pemerintah untuk turut menyukseskan program "Kampus Merdeka". 

Penandatangan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) yang dilakukan pada hari Selasa (18/8/2020) menandai kapasitas PJB sebagai anak perusahaan BUMN pertama yang menjalankan program kampus merdeka. Pelaksanaan program "Kampus Merdeka" ini juga menjadi salah satu bentuk inisiatif PT PJB dalam merayakan HUT RI ke-75 serta merealisasikan tema tahun ini yang bertajuk "Indonesia Maju".

Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara mengatakan, Kampus Merdeka adalah sebuah program yang bertujuan untuk mempercepat inovasi di bidang Pendidikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui program magang/praktik kerja di industri. Dalam penerapan Kampus Merdeka, PJB akan bekerjasama dengan UGM  sebagai Perguruan Tinggi Negeri, mulai dari penyusunan kurikulum hingga penyelesaian program. 

"Melalui Kampus Merdeka, mahasiswa tingkat akhir diberikan kemerdekaan dan kesempatan untuk mengambil SKS di luar Perguruan Tinggi atau di luar program studi, selanjutnya mahasiswa dapat menjadi bagian dari program magang atau kerja praktik di unit-unit PT PJB. Program magang di unit PJB  akan berlangsung selama 6 bulan dan kegiatannya akan diekuivalensikan setara dengan 20 SKS," ujarnya disela penandatanganan kerjasama di Surabaya, Selasa (18/8/2020).

Pada program Kampus Merdeka, PT PJB berkontribusi sebagai penyedia kesempatan magang di industri pembangkitan kepada mahasiswa yang cakupannya adalah penyediaan mentor bagi mahasiswa, penyediaan perangkat magang termasuk proyek hingga studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang berlangsung. Bahkan di akhir magang mahasiswa bidang teknik diberikan kesempatan mengikuti uji sertifikasi kompetensi.

Kesiapan PJB Academy Dalam Program Kampus Merdeka

PT PJB yang didukung melalui unit pengembangannya, PJB Academy, turut berkontribusi dalam mendukung program Kampus Merdeka dengan memberikan kesempatan magang, menyediakan mentor, menyediakan perangkat magang termasuk proyek atau studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang. 

Kesiapan lainnya juga ditunjukkan melalui pemetaan 53 mentor dan 87 co-mentor dari bidang operasi, pemeliharaan, LK3 hingga aset manajemen. Wilayah praktik kerja bagi mahasiswa program Kampus Merdeka pun tersebar di seluruh unit kerja PJB, yaitu Kantor Pusat, Unit Pembangkit, dan Unit Pemeliharaan. 

Terkait proyek studi untuk memantapkan program Kampus Merdeka, PT PJB telah menyiapkan 71 proyek / studi kasus untuk diselesaikan oleh mahasiswa magang. Seluruh Kepala Kampus PJB Academy juga akan terlibat secara penuh untuk memastikan program ini berjalan sesuai dengan visi dan value dari program Kampus Merdeka.

Kesiapan PT PJB ini juga mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi respon cepat dari PT PJB untuk mengimplementasikan Kampus Merdeka sehingga UGM pun mempercayai PT PJB sebagai perusahaan magang di program Kampus Merdeka yang akan aktif dilaksanakan pada September 2020. 

 Iwan Agung Firstantara juga menyebutkan bahwa PT PJB akan terus berkomitmen dalam mendukung program pemerintah, dimana eksistensi PT PJB di industri pembangkit tidak lepas dari peran dan dukungan dari pihak akademisi.kbc6

Bagikan artikel ini: