Hore! Pemerintah bakal beri pulsa internet untuk anak sekolah dan mahasiswa

Jum'at, 28 Agustus 2020 | 15:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memperluas insentif berupa bantuan pulsa atau paket data internet.

Jika sebelumnya pemerintah memastikan untuk memberikan bantuan pulsa kepada pegawai negeri sipil (PNS), kini bantuan diperluas kepada mahasiswa dan anak sekolah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemerintah telah membuat data dan mengalokasikan anggaran untuk para mahasiswa dan siswa yang kesulitan belajar akibat tidak bisanya membeli kuota internet.

"Kalau mahasiswa dan siswa akan dapatkan kuota internet, tantangannya nama dan targetnya. Alokasinya nantinya kita buat agar bisa kita eksekusi," kata Sri Mulyani dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (28/8/2020).

Dia melanjutkan, kebijakan pemberian pulsa ini akan dibuat fleksibel agar kita bisa mendongkrak daya beli konsumsi dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita harapkan kuartal III dan IV akselerasi bisa mendorong ekonomi kita ke arah pembalikan yang lebih baik," jelasnya.

Dia menambahkan, anggaran subsidi pulsa PNS berasal dari anggaran belanja barang yang belum terserap secara maksimal. Selama pandemi ada beberapa kegiatan pada belanja barang yang tidak terserap seperti perjalanan dinas hingga kegiatan rapat tatap muka.

"Sebagian belanja barang yang tidak terserap bisa dialihkan untuk kuota internet," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: