Pagari pengguna, WhatsApp hapus 2 juta akun spam per bulan

Jum'at, 28 Agustus 2020 | 15:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikasi WhatsApp mengkalim telah melakukan pemblokiran terhadap jutaan akun spam secara global.

WhatsApp APAC Communications Director Sravanthi Dev, mengatakan, setidaknya ada 2 juta akun spam yang dihapus oleh WhatsApp di setiap bulannya.

Sravanthi enggan merinci berapa banyak akun di Indonesia yang diblokir. Dia hanya menuturkan, 2 juta akun itu merupakan data secara global dalam dua hingga tiga tahun terakhir.

"2 Juta itu angka global setiap bulannya yang kami dapat sejak 2-3 tahun terakhir," ungkapnya dalam media roundtable terkait keamanan WhatsApp, Kamis (27/8/2020).

Namun, dia menyayangkan bahwa 75 persen akun yang dihapus bukan berasal dari laporan pengguna melainkan dari machine learning.

"75 Persen akun-akun yang diblokir tidak datang dari laporan pengguna, tapi dari machine learning," ujarnya.

Indikator akun yang diblokir oleh WhatsApp, kata Sravanthi, adalah akun yang mencurigakan, misalnya mengirim pesan dalam jumlah tidak wajar ketika baru dibuat atau teregistrasi.

Selain itu, akun yang diblokir WhatsApp adalah akun yang mengirim pesan kepada banyak nomor baru setelah baru teregistrasi.

WhatsApp sendiri sebetulnya tidak mengizinkan penggunanya untuk mengirim pesan secara massal. Untuk itu, mereka dia mengatakan pihaknyya menggunakan Machine Learning untuk mengidentifikasi dan memblokir akun yang mengirim pesan secara massal. kbc10

Bagikan artikel ini: