Sandiaga Uno bikin startup jual beli kebutuhan pokok

Kamis, 3 September 2020 | 09:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 berdampak pada melambatnya perekonomian akibat melemahnya daya beli masyarakat selain juga banyaknya sektor usaha yang gulung tikar.

Pelemahan daya beli juga dirasakan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Melihat kenyataan ini, pengusaha Sandiaga Uno meluncurkan perusahaan rintisan (startup) bertajuk Sembapur.

"Ini platform online yang menawarkan kebutuhan pokok dengan sumber barang dari tangan pertama, pasokan yang terjamin dan harga terbaik. Saya menggagas Sembapur agar dapat membantu masyarakat kurang mampu. Sekaligus mengajak entrepreneur lain bangkit bersama melalui foodpreneur," kata Sandiaga, dalam keterangan tertulis, Selasa (1/9/2020).

Kehadiran startup ini juga mengakomodir prioritas utama pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional.

Sembapur dapat bersinergi dengan foodpreneur di beberapa daerah. Sehingga mempercepat terciptanya food estate di daerah tersebut.

Menurut Sandi Uno, pihaknya memberikan aksesibilitas, kemudahan, pendampingan dan kompetisi harga. Agar bisnis foodpreneur dapat bertumbuh dan menjadi solusi keberlangsungan bisnis.

Sembapur sudah menggandeng BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Food Station Tjipinang Jaya. Untuk sementara Sembapur beroperasi di Jabodetabek.

Ke depan Sembapur dikembangkan di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jwa Timur. Dan tahun 2021 akan bergerak di Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

"Dengan memanfaatkan industri 4.0 para pelaku usaha bisa mendapatkan sumber barang dengan pasokan yang terjamin dan harga terbaik, serta pasar yang tidak terbatas. Dengan tumbuhnya pelaku usaha bersama Sembapur maka juga akan membuka lapangan pekerjaan baru," terang Sandiaga. kbc10

Bagikan artikel ini: