Khofifah restui cuti petahana maju di Pilkada

Selasa, 8 September 2020 | 08:02 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan telah menandatangani seluruh surat cuti yang diajukan oleh bupati atau wali kota petahana, yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Khofifah mengatakan bahwa seluruh bupati atau wali kota yang akan berkontestasi pada Pilkada Serentak 2020, telah mengajukan surat cuti beberapa waktu lalu. Surat cuti tersebut akan berlaku efektif pada akhir September 2020.

"Seluruh petahana yang mendaftar pada proses Pilkada Serentak 2020, semua sudah mengajukan surat cuti, dan sudah saya tandatangani," kata Khofifah, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (7/9/2020).

Khofifah menjelaskan, selain telah menandatangani surat cuti para bupati dan wali kota petahana yang akan berlaga pada Pilkada Serentak 2020, dirinya juga telah menandatangani surat terkait pejabat sementara yang akan memimpin masing-masing wilayah.

"Kemudian untuk pejabat sementara juga sudah saya tandatangani," kata Khofifah.

Khofifah menambahkan, cuti dari para kepala daerah dari jabatannya tersebut mulai berlaku efektif pada 25 September 2020. Secara administrasi, untuk seluruh kepala daerah yang mengajukan cuti sudah disepakati dan disetujui.

"Semua surat pengajuan cuti sudah masuk, dan sudah saya tandatangani. Pejabat sementara sudah kami putuskan dan tandatangani. Secara administrasi sudah kami sepakati," kata Khofifah.

Beberapa kepala daerah yang merupakan petahana dan maju pada Pilkada Serentak 2020 di antaranya di Kabupaten Mojokerto, Trenggalek, Kabupaten Malang, Ponorogo, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Jember.

Pada 2020, di wilayah Jawa Timur ada sebanyak 19 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2020. Sebanyak 19 kabupaten/kota tersebut adalah Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri. kbc10

Bagikan artikel ini: