Swasta bakal dilibatkan ikut produksi vaksin merah putih Covid-19

Rabu, 9 September 2020 | 20:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro menyatakan, konsorsium vaksin merah putih bakal mengundang perusahaan farmasi swasta untuk diajak ikut serta dalam produksi vaksin Covid-19.

"Sejauh ini sudah ada tiga perusahaan vaksin potensial tapi mereka harus urus izin ke BPOM," ujar Bambang, Rabu (9/9/2020).

Dia menambahkan perusahaan swasta ini harus izin ke BPOM mengenai pembuatan vaksin yang baik dan menyiapkan line of product khusus vaksin Covid-19.

Menurut Bambang, dengan tambahan swasta tersebut dia berharap Indonesia bisa mandiri dalam penyediaan dan pengembangan vaksin Covid-19.

Pasalnya, dari tahap penelitian awal, pemberian vaksin bisa lebih dari sekali untuk setiap individu.

"Jadi kalau penduduk Indonesia 270 juta maka yang harus divaksinasi minimal 540 juta. Jumlah ini otomatis butuh kapasitas produksi yang besar. Kami mengajak Biofarma untuk ekspansi dan perusahaan swasta lain mendukung," paparnya.

Dia memaparkan BioFarma menargetkan bisa memproduksi 250 juta dosis per tahun.

Bambang mengungkapkan, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah bekerja dengan cepat namun tetap mengikuti prosedur karena vaksin harus aman dan tidak ada efek samping.

"Yang pasti vaksin dikembangkan untuk memperkuat daya tahan tubuh manusia dalam menghadapi Covid-19," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: