Demi bebaskan lahan tol, pemerintah siapkan duit Rp27 triliun

Kamis, 10 September 2020 | 09:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tengah menyiapkan anggaran senilai Rp27 triliun yang akan digunakan untuk pembebasan lahan sejumlah proyek tol di wilayah Jawa dan Sumatra.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan saat ini pemerintah berupaya mendorong realisasi pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol.

"Tadi disampaikan salah satu masalah penting adalah soal pembebasan lahan. Kami siap bantu ada 1 tim kami siapkan, anggarannya hampir Rp27 triliun untuk pengadaan tanah atau pembebasan lahan, diharapkan bisa habis tahun ini," ujarnya Rabu (9/9/2020).

Meski sudah ada anggaran pembebasan lahan sebesar itu, Luhut menyebut prosesnya tetap sesuai dengan aturan yang berlaku dan ia meminta hal itu benar-benar diperhatikan di lapangan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan penandatanganan kontrak proyek jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dengan pemenang tender yaitu konsorsium PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Menurut data Kementerian PUPR, panjang proyek tol ini mencapai 96,57 kilometer, dengan nilai investasi sekitar Rp26,64 triliun. Untuk pembebasan lahannya menjadi tugas pemerintah.

Proyek ini direncanakan mulai konstruksi pada Oktober 2020, dan ditargetkan beroperasi pada Oktober 2023 mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: