BPJT bidik tiga jalan tol baru beroperasi hingga akhir tahun tahun

Senin, 14 September 2020 | 09:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan ada tiga jalan tol baru yang beroperasi sampai akhir 2020 mendatang.

"Jalan tol tersebut antara lain adalah Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri - Blang Bintang) yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu, lalu Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 km serta sebagian ruas seksi 2 hingga Kauditan sepanjang 7 km," kata Kepala BPJT Danang Parikesit, akhir pekan lalu.

Selain itu, BPJT juga akan fokus pada proyek tol prioritas, antara lain Jalan tol Yogyakarta-Solo, Palembang-Betung-Jambi, Pekanbaru-Padang, tol dalam kota Bandung NS Link, dan Harbour Road dari Tomang ke Tanjung Priok.

Danang menambahkan, dari beberapa proyek prioritas tersebut, PT Gama Group-PT Daya Mulia Turangga, Jasa Marga, Adhi Karya sudah memegang tender untuk proyek Tol Yogyakarta-Solo.

Sementara untuk proyek prioritas lainnya, yakni Palembang-Betung-Jambi, Pekanbaru-Padang, tol dalam kota Bandung NS Link, dan Harbour Road dari Tomang ke Tanjung Priok, pihaknya masih menutup mulut.

"Untuk pembebasan lahan, kami memperkirakan bisa dimulai tahun 2020. Harapannya, bisa berlangsung sesuai jadwal sampai dengan 2023 mendatang," sambung dia.

Adapun mengenai jumlah pendanaan, BPJT juga tidak membeberkan skema dan besaran pendanaan proyek jalan tol tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: