China targetkan vaksin Covid-19 siap digunakan awal November 2020

Rabu, 16 September 2020 | 12:16 WIB ET

BEIJING, kabarbisnis.com: Otoritas Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit China atau CDC menargetkan vaksin Covid-19 buatan negara itu bakal bisa digunakan paling cepat awal November 2020.

Saat ini, China memiliki empat calon vaksin yang sudah memasuki tahap final uji klinis. Tiga dari calon vaksin itu telah digunakan untuk para pekerja kesehatan terkait program yang diluncurkan pada Juli 2020.

"Uji klinis fase 3 berlangsung lancar, dan vaksin ini bisa digunakan untuk publik secara umum pada November atau Desember," kata Guizhen Wu, kepala keamanan bio CDC, seperti dilansir Reuters, Selasa (15/9/2020).

Wu tidak menjelaskan secara rinci vaksin mana yang dimaksudnya sudah siap digunakan dua bulan lagi. Namun, Wu pernah menggunakan salah satu vaksin pada April dan tidak merasakan gejala gangguan medis.

Tiga calon vaksin dibuat oleh China National Pharmaceutical Group atau Sinopharm atau Sinovac Biotech. Ketiga vaksin dibuat dalam program darurat negara.

Satu vaksin Covid-19 lagi dibuat oleh perusahaan farmasi CanSino Biologics dan disetujui penggunaannya oleh militer China pada Juni. kbc10

Bagikan artikel ini: