WHO prediksi kehidupan normal baru paling cepat dimulai pada 2022

Sabtu, 19 September 2020 | 10:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memprediksi kehidupan normal seperti sebelum merebaknya pandemi Covid-19 baru bisa dilakukan paling cepat pada 2022.

Dr. Soumya Swaminathan, kepala petugas sains di Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss mengatakan, pihaknya harus mempertahankan jenis tindakan yang sama yang saat ini diterapkan dengan jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan pernafasan. Demikian seperti dikutip CNN, Jumat (18/9/2020).

"Kami melihat pada tahun 2022 setidaknya sebelum cukup banyak orang mulai mendapatkan vaksin untuk membangun kekebalan. Itu harus dilanjutkan setelah vaksin mulai diluncurkan, karena kami membutuhkan 60 persen hingga 70 persen populasi untuk memiliki kekebalan sebelum Anda mulai melihat penurunan dramatis dalam penularan virus ini," kata Swaminathan.

Selain itu, dia juga tidak tahu berapa lama vaksin yang telah disiapkan akan melindungi setiap individu. Tidak menutup kemungkinan vaksin tersebut masih tetap memerlukan booster.

Swaminathan menambahkan bahwa pejabat kesehatan saat ini sedang mencari cara untuk mengendalikan virus corona yang menyebabkan Covid-19, daripada menghilangkannya pada saat ini.

Sementara garis waktu tetap tidak pasti dan sulit untuk diprediksi. "Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa bisa jadi 2022 ketika kita akan mulai berpikir untuk kembali ke kehidupan normal sebelum Covid," jelasnya.

Swaminathan menambahkan bahwa dia tidak berpikir virus corona akan menjadi virus musiman seiring berjalannya waktu, tetapi sebaliknya kita bisa berharap untuk melihat bagaimana pasang surut dalam kasus dan penularan. kbc10

Bagikan artikel ini: