Kimia Farma siap produksi Avigan untuk obat Covid-19

Jum'at, 25 September 2020 | 08:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan farmasi pelat merah PT Kimia Farma Tbk memastikan untuk memproduksi obat Avigan (Favipiravir) guna memenuhi kebutuhan obat antivirus Covid-19 di dalam negeri.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya juga menyatakan bahwa Kimia Farma mampu memproduksi obat antivirus,  Avigan agar tidak terus bergantung dengan impor.

Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno, mengatakan, terkait dengan produksi sudah perseroan siapkan.

"Seluruh produksi akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk penanggulangan Covid 19 di Indonesia," jelasnya seperti dikutip, Kamis (24/9/2020).

Sebelumnya, Ganti juga mengatakan bahwa kapasitas produksi yang dimiliki KAEF saat ini sudah mencukupi untuk melakukan produksi tersebut sehingga saat ini persiapan proses produksi. 

Adapun untuk distribusi Avigan, dia bilang, tentu akan sesuai dengan regulasi pemerintah dan kebutuhan.

Sekadar diketahui, Avigan secara khusus dibuat untuk mengobati virus RNA di mana virus Covid-19 memiliki materi genetik utama RNA, bukan DNA. Obat ini diklaim dapat menghentikan replikasi virus dengan melumpuhkan enzim yang disebut RNA Polimerase.

Avigan merupakan obat antivirus yang berasal dari Jepang, dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical dan Zheijang Hisun Pharmaceutical. Avigan dikembangkan untuk mengobati virus influenza dan sudah diujicobakan untuk pasien Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: