Dorong produk lokal, pemerintah fokus sertifikasi alat kesehatan dan farmasi

Rabu, 30 September 2020 | 09:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam rangka mendorong penggunaan produk farmasi dalam negeri, pemerintah tengah fokus penerapan sertifikasi produk alat kesehatan dan farmasi dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menegaskan, sertifikasi produk juga bisa berdampak sangat besar bagi peningkatan perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mendukung pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

"Presiden telah menginstruksikan, pentingnya kebijakan yang mendukung pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan," katanya dalam Rapat Koordinasi Pembiayaan Sertifikasi TKDN oleh Pemerintah melalui APBN, Selasa (29/9/2020).

Pemerintah menginginkan sertifikasi produk farmasi karena ingin lebih banyak produk dalam negeri yang digunakan. Sehingga sertifikasi ini menjadi perhatian pemerintah.

"Kita gunakan sebanyak mungkin produk dalam negeri, jadi masalah sertifikasi ini harus betul diperhatikan," tutur Luhut.

Dengan begitu pelaku industri nasional akan meningkatkan produksinya karena telah memiliki pasar di dalam negeri. Sehingga pada akhirnya Indonesia tidak lagi melakukan impor produk farmasi dan alat kesehatan.

"Hal ini akan berujung pada peningkatan penggunaan farmasi dalam negeri, jadi kita tidak lagi impor," pungkas Luhut. kbc10

Bagikan artikel ini: