Jokowi resmikan tol pertama di Sulawesi Utara

Rabu, 30 September 2020 | 10:54 WIB ET

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Manado-Danowudu, Selasa siang, 29 September 2020. Jalan bebas hambatan sepanjang 26 kilometer (km) itu menjadi jalan tol pertama di Sulawesi Utara.

"Alhamdulillah jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km sudah rampung dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 29 September 2020.

Jokowi menuturkan bila seluruh ruas sudah terhubung, panjang tol mencapai 40 km. Masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol untuk mendukung kegiatan produktif.

Kepala Negara menuturkan gerbang tol hanya 9 km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi, Manado. Jalan tol memudahkan Masyarakat bepergian dari Manado ke Bitung atau sebaliknya.

"Waktu tempuhnya menjadi jauh lebih cepat," ujar dia.

Waktu tempuh terpangkas 50 persen dari sebelumnya 1 jam menjadi 30 menit. Dia menyebut perubahan kecepatan itu bakal berdampak pada sejumlah hal.

"Dengan adanya jalan tol ini maka biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien. Daya saing juga otomatis akan meningkat," ujarnya. kbc9

Bagikan artikel ini: