BI sebut suku bunga kredit dan simpanan mulai melandai

Rabu, 30 September 2020 | 17:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) mencatat suku bunga kredit dan simpanan pada Agustus 2020 juga mengalami penurunan seiring dengan penurunan suku bunga acuan.

"Suku bunga kredit tercatat sebesar 9,89% atau turun 3 basis poin dibandingkan 9,92% pada bulan sebelumnya," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Dia melanjutkan, demikian juga rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka yang mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenornya.

Sedangkan, suku bunga simpanan berjangka tenor 24 bulan meningkat dari 7,19% menjadi 7,20%

"Suku bunga sinpanan berjangka yang mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenornya. Rinciannya suku bunga simpanan berjangka tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan serta 12 menurun," katanya.

Onny menuturkan, keputusan ini tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian, termasuk hanya berlaku bagi bank-bank yang mempunyai rasio NPL di bawah 5%.

"Bank Indonesia tetap menempuh kebijakan makroprudensial akomodatif sejalan bauran kebijakan yang ditempuh sebelumnya serta bauran kebijakan nasional, termasuk berbagai upaya untuk memitigasi risiko di sektor keuangan akibat penyebaran pandemi Covid-19," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: