Pemerintah lobi Arab Saudi segera izinkan jemaah umrah asal RI

Kamis, 1 Oktober 2020 | 09:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Arab Saudi telah mengumumkan pembukaan kembali jamaah umrah dari luar negeri secara bertahap. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pun telah menyampaikan harapan agar diizinkan masuk ke negara untuk pelaksanaan umrah saat pandemi Covid-19.

Jubir Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan perwakilan Raja Salman. Salah satu langkah yang dilakukan, lanjutnya, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi juga telah menjalin komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membicarakan kuota umrah.

"Dalam komunikasi tersebut Ibu Menlu RI telah menyampaikan harapan agar Indonesia dimasukan ke dalam daftar negara yang diizinkan melaksanakan umrah," katanya, Rabu (30/9/2020).

Mantan Dubes untuk Kanada itu menyebutkan, pemerintah Arab Saudi mencatat keinginan positif agar para jamaah asal Indonesia bisa menunaikan ibadah di Tanah Suci.  

Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir telah mengumumkan akan membuka kembali negara tersebut untuk pelaksanaan ibadah umrah bagi umat Islam di seluruh dunia. 

Meski demikian, pembukaan tersebut akan ditentukan oleh keputusan kementerian kesehatan setempat. Di sisi lain, penerimaan jemaah umrah juga dilakukan dalam beberapa tahap serta dibatasi untuk menghindari potensi penularan Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: