PLN ajak HIPMI manfaatkan beragam layanan kemudahan

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 12:46 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Penyesuaian baru akibat dampak pandemi covid-19 di sektor industri, PLN tawarkan beragam kemudahan layanan untuk pengembangan usaha HIPMI Surabaya dalam sharing session virtual, Jumat (2/10/2020). Diikuti oleh General Manager PLN UID Jawa Timur, Nyoman S. Astawa, Senior Manager Niaga PLN UID Jawa Timur, Agung Surana, Ketua HIPMI Surabaya, Muhammad Luthfy serta 50 anggota HIPMI lainnya.

"Di tengah situasi yang sulit, pertumbuhan penjualan di Jawa Timur hingga Agustus ini mencapai 2,57% lebih besar dari pertumbuhan nasional sebesar 1,44%. Sektor rumah tangga tumbuh sebesar 15,24%, publik/pemerintahan tumbuh sebesar 3,83%, industri kecil 3,09%, bisnis kecil & UMKM naik sebesar 0,66% berbeda dengan sektor bisnis dan industri besar yang mengalami pertumbuhan negatif," papar Nyoman.

Pastikan pelaku bisnis peroleh kemudahan dalam akses mendapatkan listrik, PLN UID Jawa Timur buktikan dengan capaian ease of doing business Getting Electricity yang mendapat peringkat 33. Selain itu, PLN pun mendorong berbagai sektor tetap berdaya di tengah pandemi dengan beragam kebijakan mulai dari tarif listrik yang tidak mengalami kenaikan dari tahun 2017 hingga saat ini, program stimulus tarif tenaga listrik untuk pelanggan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil berupa listrik gratis dan diskon 50%, pembebasan rekening minimum bagi pelanggan golongan sosial, bisnis, dan industri.

Secara khusus, untuk mendorong pertumbuhan di sektor bisnis dan industri besar, PLN tawarkan beragam program kemudahan mulai dari Super Merdeka program diskon 75% untuk UMKM/IKM, 13 produk layanan kemudahan dalam E Smart Power seperti Smart Agriculture (kemudahan penyediaan listrik untuk pengembangan pertanian), Super Lega (cicilan biaya pasang baru dan tambah daya), Smart Power Bank (layanan penyambungan sementara untuk event, pesta, dan pembangunan konstruksi dengan menggunakan power bank, genset dan UPS Mobile).

"Kami selaku pegiat bisnis mengakui peran penting PLN dalam mendukung usaha kami terlebih pada situasi seperti ini. Layanan PLN khususnya di Jawa Timur saat ini pun kian bagus dan optimal. Semoga dalam forum ini rekan-rekan HIPMI mampu menjalin relasi yang baik dengan PLN sehingga apabila terdapat kendala kelistrikan dalam pengembangan usahanya segera tersolusi dan mendapat gambaran pengembangan ke depan," jelas Muhammad Luthfy.

Dalam kesempatan tersebut, Nyoman pun menyampaikan saat ini pelanggan dapat menggunakan aplikas New PLN Mobile yang memilki beragam keunggulan mulai dari kemudahan pembayaran tagihan, pembelian token, pasang baru listrik, perubahan daya, penyambungan sementara, pengaduan keluhan, baca meter mandiri, dan informasi lainnya.kbc6

Bagikan artikel ini: