Kemendag dan Facebook kolaborasi berdayakan UMKM di Indonesia

Minggu, 4 Oktober 2020 | 10:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Facebook untuk mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia agar mampu bertahan di tengah pandemi. Upaya ini diwujudkan melalui kampanye virtual #TumbuhdiFacebook yang diluncurkan secara virtual pada Sabtu (3/10/2020).

Melalui program yang berlangsung pada Oktober 2020-Januari 2021, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Facebook akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja.

"Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp," Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dikutip dari keterangan resminya.

Kolaborasi ini diakuinya merupakan bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan ketahanan UMKM lokal.

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.

"Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook," ujarnya.

Dalam program kolaborasi yang berlangsung pada periode Oktober 2020—Januari 2021, Kemendag dan Facebook akan melaksanakan 10 kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM, perwakilan perdagangan, dan pegawai Kemendag.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan tersebut meliputi dua sesi pelatihan virtual Optimalisasi Sosial Media untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.

Selain itu, akan dilakukan juga serangkaian penayangan konten IGTV series #BanggaBuatanIndonesia, kelas pelatihan lanjutan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, Masterclass Facebook sebagai wadah diskusi dan saling berbagi inspirasi antara sesama pelaku UMKM di Facebook Indonesia Page. kbc10

Bagikan artikel ini: