Siap-siap! Indofarma jual obat Covid-19 merk Desrem mulai pekan depan

Senin, 5 Oktober 2020 | 08:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: BUMN bidang farmasi PT Indofarma (INAF) berencana menjual obat Covid-19 bermerk Desrem. Ini adalah antivirus berbentuk serbuk injeksi liofilisasi yang mengandung zat aktif remdesivir, mulai pekan depan.

Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto memastikan, rencananya peluncuran obat ini akan dilakukan pekan depan.

Untuk harganya sendiri akan dirilis pada Senin, 5 Oktober 2020. "Iya minggu depan, harganya akan kami rilis Senin," ujar Arief Saat, Minggu (4/10/2020).

Arief belum bisa merincikan rentang harga pasti dari obat tersebut, demikian dengan jumlah obatnya hingga aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan obat (apakah dijual bebas atau tidak).

Sebelumnya, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) resmi memasarkan obat terapi pasien Covid-19 berjenis remdesivir generik di Indonesia. Pada tahap awal, Kalbe Farma menyiapkan obat dengan merek Covifor ini sebanyak 50 ribu dosis.

"Untuk tahap awal sekitar puluhan ribu dosis sampai perkiraan 50 ribu unit," kata President Director Kalbe, Vidjongtius.

Vidjongtius mengatakan saat ini Kalbe Farma sedang mengumpulkan data market untuk penyediaan obat Covid-19. Pihaknya sedang melakukan konsolidasi dengan pihak terkait untuk jumlah pengadaan selanjutnya.

"Secara keseluruhan kami sedang kumpulkan data market utk dikonsolidasikan jumlah kebutuhannya," kata dia.

Meski Covifor siap didistribusikan ke berbagai wilayah Indonesia, namun obat ini hanya bisa beli menggunakan resep dokter. "Harus dengan resep dokter langsung di rumah sakit saja," sambung Vidjongtius. kbc10

Bagikan artikel ini: